Shalat adalah salah satu tiang agama bagi seluruh umat Islam. Sholat hukumnya wajib bagi siapapun yang termasuk golongan umat Islam.  Tua muda, laki-laki perempuan miskin kaya jika merupakan umat Islam, maka wajib hukumnya untuk menunaikan shalat. Terkecuali 2 golongan orang Islam, yaitu perempuan yang sedang nifas dan haid. Selebihnya, wajib hukumnya menunaikan shalat.

Shalat ada 2 macam, yakni shalat wajib dan shalat sunnah. Yang termasuk shalat wajib adalah shalat fardu lima waktu. Barangsiapa yang meninggalkannya barang sekalipun, maka dosa dan neraka menantinya di akhirat. Berbeda dengan shalat wajib, shalat sunnah adalah shalat yang dianjurkan, namun tidak berdosa bila tidak dilakukan.

Bahkan shalat sunnah memiliki beberapa waktu yang dilarang untuk melaksanakannya. Bahkan Rasulullah SAW pun melarangnya, disampaikan dalam HR Muslim, waktu-waktu tersebut antara lain :

  1. Ketika matahari terbit sampai dengan tinggi seseorang berdiri
  2. Di siang hari dimana matahari berada tepat di atas kepala seseorang yang berdiri, sehingga tidak ada bayangan yang dihasilkan.
  3. Memasuki waktu matahari tenggelam.

Selanjutnya terdapat pula 5 waktu yang dilarangkan untuk dilakukannya segala hukum shalat, baik fardu maupun sunnah. Hal ini disampaikan oleh Amr bin ‘Abasah dalam HR Imam Abu Dawud :

  1. Sholat yang dilakukan setelah waktu subuh hingga terbitnya matahari tanpa sebab yang pasti (bukan shalat subuh).
  2. Sholat yang dilaksanakan saat terbit matahari sampai ketinggian matahari setara dengan ketinggian 1 tombak lurus dengan pandangan mata. Pada waktu ini diperkirakan 15 menit terhitung sejak matahari terbit. Dalam kurun waktu tersebutlah umat Muslim dilarang melakukan shalat apapun.
  3. Sholat yang dilakukan saat matahari berada di tengah-tengah langit (istiwa’). Seluruh solat yang dilakukan pada waktu ini tidak dianjurkan untuk ditunaikan, terkecuali sholat Jumat yang biasanya dilaksanakan saat matahari berada tepat di atas kepala manusia. selain sholat Jumat, tidak dianjurkan.
  4. Sholat yang dilakukan saat masuk shalat ashar sampai batas tenggelamnya matahari (selain shalat ashar). Pada waktu ini, haram hukumnya untuk menunaikan shalat.
  5. Sholat yang dilakukan saat matahari hendak terbenm sampai sempurna terbenam. Yang biasa orang Jawa sebut dengan “sandikala”. Pada waktu ini, tidak dianjurkan untuk dilaksanakannya solat, baik wajib maupun sholat sunnah.

Walaupun memiliki beberapa waktu haram/tidak dianjurkan untuk dilakukan, namun sholat tetaplah menjadi kewajiban bagi seluruh umat Islam. Hadis-hadis dan ayat-ayat Alquran yang menjelaskan kewajiban shalat fardu dan segala balasan yang akan diterima oleh umat islam apabila tidak melaksanakan sholat juga sangat jelas dijelaskan.

Shalat akan terasa lebih nikmat dan mendapat banyak keberkahan apabila dilaksanakan di waktu yang tepat. Selain itu, melafadzkan asmaul husna ketika selesai sholat juga dapat menambah banyak kebaikan.

 

 

 

Waktu-waktu yang dilarang untuk salat Sunnah

Post navigation