Zaman sekarang ini terutama di kota kota besar sudah sangat berkembang usaha kafe nya. Usaha Kafe semakin maju karena genjotan dari era sosial media dan digital Marketing. Era Baru ini membuat para penjualnya lebih berinovasi menghadirkan kafe yang tidak hanya menyajikan kudapan makanan lezat namun juga menyuguhkan tempat yang nyaman dan juga fotogenic.

Bahkan sebagian besar orang yang datang ke kafe hanya untuk mengabadikan momen bersama tempat tempat kece dari pada menikmati makanannya. Sebuah revolusi kafe ini semakin gencar, sekarang kita bisa melihat berbagai jenis kafe yang menyuguhkan sensasi berbeda. Karena kafe sekarang tidak hanya menjadi tempat makan dan minum, di kafe sekarang sudah jadi tempat nongkrong, pamer gengsi, menikmati keindahan alam, rekreasi dan hiburan.

Untuk itu bagi anda yang memiliki jiwa jiwa bisnis dan masih bingung usaha apa yang akan Anda rintis maka kami sangat merekomendasikan usaha kafe ini. Sebagai usaha makanan dan minuman kafe susah untuk dimatikan karena manusia memang butuh yang namanya makan dan minum.

Namun apabila saat ini anda hanya berfokus pada penyajian makan dan minum maka kafe anda tidak akan pernah maju. Karena saat ini usaha kafe sudah sangat banyak. Anda harus menghasilkan suasana yang berbeda dan unik agar pengunjung semakin tertarik ke kafe anda. Lantas pada artikel kali ini saya akan memberikan tips dan cara bagaimana kita akan memulai suatu bisnis kafe.

1. Menentukan Konsep Kafe

Pixabay.com

Sebelum kita mengulas lebih dalam lagi tentang bisnis kafe sebaiknya anda menyusun dulu bagaimana konsep kafe yang akan Anda jalankan kedepan. Karena konsep dan ide kafe merupakan sebuah langkah awal untuk mengembangkan usaha anda. Pastikan anda mengembangkan konsep yang unik, berbeda dan menarik pengunjung baik dari segi bangunan atau arsitektur, furniture meja dan kursi cafe yang unik dan khas. Anda bisa melakukan survei terhadap minat penduduk tersebut.

Jika Anda berada di antara penduduk yang rata rata berumur belasan maka anda bisa menyajikan konsep kafe yang bergaya casual, muda, enak untuk nongkrong dan instagenic. Apabila target Marketing anda berumur lebih dewasa maka anda bisa menyajikan kafe yang lebih romantis, tertutup, gelap dan elegan. Hal ini sangat menentukan keberhasilan dari bisnis yang anda rintis ini.

2. Menentukan Target Marketing

Sebenarnya langkah ke dua ini harus Anda lakukan beriringan dengan langkah yang pertama, anda bisa menentukan target Marketing terlebih dahulu baru menentukan Konsep Kafe atau sebaliknya. Pada intinya adalah apabila anda ingin usaha kafe ini maju maka anda harus pintar dalam menentukan target Marketing. Target Marketing adalah orang orang yang menjadi tujuan dari usaha ini yang memiliki kemungkinan besar untuk membeli dan menggunakan jasa usaha anda.

Elemen penting ini harus Anda tekankan, karena apabila target Marketing anda sukses maka sudah sangat mudah pengembangan dari usaha ini. Dalam melakukan ini anda harus melakukan survei terlebih dahulu di tempat pendirian usaha anda. Anda harus mengamati bagaimana geliat dari kafe kafe dengan target Marketing anak mudah, kafe kafe dengan target Marketing dewasa dan sebagainya. Apabila sudah menentukan maka langkah selanjutnya adalah

3. Memahami dan Menguasai Persaingan

Poin ini sangat penting mengingat usaha kafe sekarang sudah semakin menjamur, pesaing sudah banyak kita temui di berbagai tempat. Sedikit kita lengah maka usaha kita akan mati. Maka dari itu sebelum anda menjalankan usaha kafe anda harus memahami rute dari pesaing anda. Sebaik dan sebagus mungkin harus anda lakukan untuk menumbuhkan kepercayaan dan ketertarikan minat konsumen terhadap usaha anda. Buatlah Market Branding yang baik dengan ciri khas yang tepat.

Mengapa demikian? Karena jika anda hanya mengikuti dari jejak kesuksesan kafe lain maka anda akan tertinggal jauh. Lebih baik anda membuat suatu terobosan yang akan membawa suatu ciri khas dan keunikan dari usaha anda ini.  Anda juga bisa melihat kelemahan dan kekurangan dari pesaing anda misalnya jika anda pergi ke kafe tersebut maka anda merasa gerah karena ventilasi dan pengaturan ac tidak benar maka itu bisa jadi koreksi agar usaha anda jadi lebih baik kedepannya.

4. Brand Marketing

Pixabay.com

Salah satu yang mengakibatkan kemajuan dari bisnis anda adalah dengan brand Marketing. Brand Marketing ini merupakan pemasaran dan pengenalan usaha anda kepada khalayak. Semakin anda gencar melakukan brand Marketing maka mereka akan semakin tahu keberadaan bisnis anda. Dengan begitu akan membuat kemungkinan lebih besar mereka untuk membeli dan berkunjung ke kafe milik anda.

Saat ini sudah banyak cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan brand Marketing karena sekarang adalah era digital yang memungkinkan penyebaran informasi akan sangat mudah dan gencar kita dapatkan. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan media Internet maka anda bisa menyasar lebih banyak lagi konsumen. Pastikan anda memiliki akun sosial media untuk usaha anda, disana anda bisa mulai mengembangkan konten yang menarik dan juga membuat konsumen ingin merasakan berkunjung ke kafe anda.

Itulah bebrapa cara untuk memulai usaha café dari nol untuk pemula agar bisa sukses dalam mengembangkan bisnis café.

Cara Memulai Usaha Kafe Untuk Pemula

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *