Apakah interior rumah anda cukup besar atau minimalis? besar kecilnya ruangan biasanya juga membuat anda perlu memikirkan penataan perabot agar ruangan tidak acak acakan, tidak kelihatan sempit, nampak rapih dan fungsional.

Salah satu perabot yang perlu diperhatikan penataanya adalah meja makan. Meja makan merupakan bagian penting dirumah anda sebagai tempat menyimpan makanan sekaligus tempat menyantap makanan bersama keluarga dan orang orang tercinta.

Meja makan yang ditata menarik, dengan ukuran dan warna khas, akan membuat betah lama lama disana. Sebaliknya, jika salah menentukan model dan ukuranya, meja makan malah akan membuat sempit ruangan.

Memilih set meja makan yang cocok untuk mengisi ruang makan bisa dibilang gampang gampang susah. Hal ini karena makin banyaknya berbagai model dan jenis meja makan dipasaran yang kadang bikin bingung.

Sebetulnya ada tips tips yang bisa membantu memilih meja makan tepat guna. Mulai dari pertimbangan harga,fitur sampai dengan bahan.  Semua ini harus diperhatikan agar anda benar benar mendapatkan meja makan yang sesuai kebutuhan.

Selain beberapa pertimbangan tadi, hal penting lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih meja makan adalah ukuranya. Ukuran meja harus sesuai dengan kondisi interior rumah anda.

Jika anda memiliki ruang makan cukup luas, anda bisa memilih model meja makan mewah dengan ukuran besar. Atau jika interior tidak terlalu luas, bisa memilih meja makan minimalis yang ukuranya relatif kecil.  ada juga meja makan yang bisa dilipat sehingga lebih praktis yang bisa anda gunakan.

Biasanya, kursi makan dan meja makan dijual satu set atau satu paket dengan ukuran yang sudah ditentukan. Meliputi tinggi, panjang dan lebarnya. Meski ada yang dijual terpisah, sebaiknya anda beli yang satu paket agar mendapatkan meja kursi yang ukuranya proporsional.

Ukuran Meja Makan Umum Dijual Di Pasaran

Pembahasan kali ini akan mengulas lebih detail mengenai ukuran pada kursi dan meja makan yang mungkin belum.banyak diketahui. Simak ulasanya berikut ini :

unsplash.com

Tinggi Meja Makan

Tentang standar ukuran meja makan sebetulnya tidak terlalu baku. Biasanya disesuaikan dengan kebutuhan masing masing pengguna. Ada meja makan yang tingginya berkisar 76 cm hingga 80 cm dari lantai, menyesuaikan tinggi kursi makan. Ada juga yang tingginya 70 cm sampai 75 cm yang lebih ramah terhadap anak. Meja makan memiliki tinggi kolong sekitar 10 cm hingga 12 cm di bawah tinggi meja atau sekitar 68 cm hingga 70 cm.

Panjang dan Lebar Meja Makan

Untuk ukuran lebar dan panjang meja makan juga bervariasi. Ini tergantung dengan desain modelnya. Apakah berbentuk persegi, persegi panjang, bundar atau oval. Setiap bentuk biasanya akan memengaruhi panjang dan lebarnya meja makan. Sebagai contoh, meja makan untuk kapasitas 2 orang yang saling berhadapan, ukuran minimalnya 60 cm x 60 cm.

Aturan jarak kursi dan meja makan

Ada aturan dalam menempatkan atau menata

jarak kursi makan dengan meja makan yang ideal. Yakni menggunakan metode role of thumb (aturan jempol) yang sebenarnya tidak baku dan tidak tertulis, namun banyak orang menerapkannya. Berikut uraianya :

  • Biasanya terdapat jarak 25 cm sampai 30 cm antara kursi dan meja untuk sirkulasi bangun – duduk di meja makan.
  • Ada jarak 18 cm – 20 cm di antara kursi untuk menjaga jarak dan agar tidak senggolan dengan orang disebelahnya ketika sedang makan.
  • Biasanya, setiap orang mendapatkan ukuran lebar ruang 60 cm hingga 75 cm pada meja makan.
  • Untuk meja makan persegi panjang, bisa tambahkan 30 cm tambahan jika ada yang duduk di kepala dan kaki meja.
  • Biasanya, diberi ruang antara meja dengan dinding atau perabot untuk ruang sirkulasi sekitar 80 cm hingga 90 cm.
  • Ukurlah kursi di titik terlebar (tergantung pada gaya kursi) untuk memastikan memperoleh jarak dan ukuran yang sesuai dengan ruang makan.
  • Jika ruangan yang sempit, gunakan kursi makan tanpa sandaran tangan.
unsplash.com

Ukuran Standar Kursi Makan

Hampir sama dengan ukuran kursi kerja, tinggi dudukan kursi makan biasanya antara 46 cm hingga 50 cm dari lantai ke kursi. Tinggi kursi makan kebanyakan lebih tinggi dibanding sofa atau kursi santai karena orang harus dapat duduk dengan sempurna untuk menyantap makanan. Tinggi kursi makan anak bisa saja lebih pendek dari kursi makan biasa.

Kursi makan biasanya tidak dibuat terlalu dalam dan lebar, ini memungkinkan agar pengguna lebih fokus ke hidangan di meja makan. Panjang kursi makan memiliki dimensi antara 50 cm sampai 60 cm. Sedangkan lebarnya antara 45 cm sampai 55 cm.

Sandaran kursi makan juga biasanya tidak terlalu tinggi. Tinggi sandaran rata-rata hanya sekitar 45 cm – 60 cm tergantung bentuk desain sandaran kursi. Hanya 3/4 punggung yang bisa menyandar pada kursi.

Umumnya, kursi makan tidak memiliki sandaran tangan atau lengan kursi untuk menghindari benturan dengan kolong meja. kebanyakan kursi makan akan langsung diletakan di bawah meja setelah selesai digunakan. Jika ada yang menggunakan sandaran tangan, maka tingginya harus kurang dari kolong meja agar tidak terbentur. Tinggi sandaran tangan biasanya berkisar antara 19 cm hingga 25 cm.

Itulah ulasan mengenai ukuran standar kursi dan meja makan yang mungkin belum.banyak diketahui.

Berapa Sih Ukuran Meja Makan Umum Dijual Di Pasaran?

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *