Manusia yang hidup di zaman digital seperti sekarang ini memang menginginkan sesuatu yang serba praktis. Orang lebih memilih sesuatu yang bisa menyediakan kebutuhan dengan cepat dan tanpa repot. Terlebih bagi mereka yang sangat sibuk dan hidup di perkotaan yang macet. Mungkin ini juga salah satu faktor yang membuat layanan jasa online laris manis digunakan konsumen.

Termasuk dalam hal pemesanan makanan, sekarang orang juga malas kalau harus keluar rumah atau kantor. Mereka lebih memilih menggunakan jasa pemesanan makanan online yang sudah cukup mudah dilakukan disini. Bahkan pemesanan makanan online saat ini seolah menjadi tren baru di kalangan kaum urban.

Kemudian muncul food delivery blog atau website, situs kuliner yang diakses lewat internet. Situs tersebut kebanyakan memang berupa aplikasi pemesanan makanan online tapi ada juga yang berisi ulasan tentang resto dan menu tertentu.

Dalam artikel ini kita akan membahas 2 di antaranya yaitu Uber Eats dan Deliveroo. Apakah keduanya memiliki layanan yang setara atau yang satu lebih baik daripada yang lainnya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Fakta Tentang Aplikasi Uber Eats

Pendiri, Kantor Pusat dan Operasional

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa aplikasi pemesanan makanan online ini merupakan bagian dari Uber. Nama Uber sendiri sudah sangat terkenal sebagai startup yang bergerak di jasa transportasi online. Uber Eats dibuat oleh Travis Kalanick dan Garret Camp pada tahun 2014 yang lalu. Uber Eats memiliki kantor pusat di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Uber Eats telah beroperasi di 33 kota yang berada di 8 negara di seluruh dunia. Untuk kawasan Asia Tenggara contoh negara yang telah dilayani oleh Uber Eats adalah Singapura dan Malaysia. Di Indonesia sendiri memang hingga saat ini Uber Eats belum masuk.

Fitur Pada Uber Eats

Pada aplikasi Uber Eats pengguna akan menemukan beberapa fitur penting yang akan memudahkan dalam memesan makanan. Beberapa fitur pada Uber Eats tersebut antara lain adalah :

  • Daftar restoran mana saja yang hanya menerima order lewat telepon dan mana yang bisa dipesan online. Pengguna juga bisa melihat daftar resto yang tidak memiliki fasilitas makan di tempat.
  • Memberikan poin untuk pesanan makanan atau pengguna yang mengundang orang lain untuk menggunakan Uber Eats.
  • Aplikasi bisa digunakan pada PC ataupun perangkat mobile seperti ponsel.

Peringkat Secara Global

Uber Eats banyak digunakan oleh mereka yang berada di Amerika Serikat, Eropa dan beberapa negara Asia. Di Amerika sebagai negara asal Uber, aplikasi makanan online ini berkembang dengan pesat. Uber Eats sendiri memperoleh ranking 1,789 dari penggunanya di seluruh dunia.

Bagaimanakah dengan Deliveroo?

Fakta Tentang Aplikasi Deliveroo

Pendiri, Kantor Pusat dan Operasional

Aplikasi pemesanan makanan secara online dengan nama Deliveroo dibuat oleh Will Shu dan Greg Orlowski pada bulan Februari tahun 2013. Sedangkan kantor pusat dari Deliveroo berada di London, Inggris. Saat ini Deliveroo telah membuka layanannya di beberapa negara antara lain Belgia, Italia, Briania Raya, Australia dan lainnya. Di Asia Tenggara, Deliveroo telah beroperasi di Singapura.

Fitur Pada Aplikasi Deliveroo

Sebagaimana aplikasi pemesanan makanan online yang lainnya, Deliveroo pastinya menawarkan fitur tertentu pada penggunanya. Beberapa fitur yang bisa kita temukan di aplikasi Deliveroo antara lain adalah :

  • Restoran yang tidak memiliki website sendiri bisa menggunakan situs Deliveroo untuk meraih konsumen.
  • Bebas biaya pengiriman bagi pemesan makanan dan komisi bagi restoran.
  • Bisa digunakan untuk memesan makanan dengan pengantaran di rumah maupun layanan takeaway.
  • Makanan dikelompokkan dalam beberapa bagian sesuai kategori tertentu, misalnya menu sehat, pencuci mulut dan lainnya.
  • Melayani pemesanan makanan online dalam porsi besar atau katering untuk kantor misalnya.
  • Aplikasi sangat lancar digunakan pada perangkat mobile baik Android ataupun iOS.

Peringkat Secara Global

Sebagai sebuah aplikasi pemesanan makanan online yang telah beroperasi lebih dari 5 tahun tentu saja sudah memiliki banyak pengguna. Apalagi Deliveroo telah membuka layanan pemesan makanan di banyak negara di seluruh dunia. Negara yang telah dilayani oleh Deliveroo tersebar di benua Amerika, Eropa, Asia dan Australia. Secara global Deliveroo meraih ranking 8402.

Itulah beberapa fakta tentang Uber Eats dan Deliveroo. Lalu manakah yang lebih baik dari keduanya? Pertanyaan tersebut memang tidak bisa dijawab secara pasti karena semuanya kembali kepada kebutuhan dan kondisi. Mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kita maka itulah yang lebih baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Uber Eats Vs Deliveroo, Manakah yang Lebih Baik?

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *