Siapa bilang jalan jalan ke luar negeri membutuhkan biaya yang mahal? Belakangan banyak aplikasi perjalanan wisata yang sering menawarkan promo penerbangan murah, ke sejumlah destinasi populer contohnya ke negara negara di Asia. Anda juga tidak harus berbelanja mewah dan mengunjungi tempat tempat yang mahal. Jika anda berencana terbang ke Kuala Lumpur, ini dia 10 tempat wisata yang bisa anda kunjungi secara gratis .

Hemat Budget Liburan dengan Mengunjungi 10 Tempat Wisata Gratis di Malaysia

  1. Bukit Bintang

Tempat ini memang dikenal sebagai pusat perbelanjaan kelas dunia, mirip dengan Orchard Road di Singapura. Bukit Bintang memiliki deretan mall mall mewah yang menjual barang barang branded yang mendunia. Untuk mencapai tempat ini, anda bisa menggunakan monorel dan turun di stasiun Bukit Bintang, atau berjalan kaki sekitar 15 menit dari KLCC.

Namun siapa sangka, banyak wisatawan asing yang menginjakkan kaki di Bukit Bintang bukan untuk berbelanja. Kebanyakan dari mereka hanya melakukan window shopping, alias jalan jalan, berfoto, dan menikmati suasana keramaian pusat perbelanjaan mewah ini. Jadi jangan pernah merasa ragu untuk memasukkan Bukit Bintang di daftar perjalanan anda. Siapkan saja kamera untuk berselfie sepuasnya disini!

  1. Dataran Merdeka

Salah satu spot wisata gratis di Kuala Lumpur adalah Dataran Merdeka, yang merupakan tempat kemerdekaan Malaysia dideklarasikan. Lapangan luas yang berjarak sekitar 10 menit jalan kaki dari stasiun Masjid Jamek ini, terkenal dengan ikon tiang bendera tertinggi se-Asia Tenggara. Di lapangan terbuka ini anda bisa menemukan sejumlah bangunan tua bergaya arsitektur Inggris kuno, yang masih terawat dengan sangat baik.

Beberapa bangunan bersejarah di Dataran Merdeka diantaranya Katedral St Mary the Virgin, Bangunan Sultan Abdul Samad, serta KL City Gallery. Untuk menikmati suasana gedung tua di Dataran Merdeka sebagai latar foto, anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun. Namun jika anda tertarik melihat foto foto sejarah dan miniatur kota di City Gallery, anda harus membayar tiket masuk sekitar RM 5. Masih terbilang murah terutama jika anda berlibur dengan cheap flight ticket Malaysia.

  1. Taman Tasik

Taman Tasik merupakan hutan di tengah kota, yang memiliki koleksi pepohonan berusia ratusan tahun. Spot wisata alam yang lokasinya berdekatan dengan Masjid Negara dan Dataran Merdeka ini, memiliki sejumlah taman tematik yang bisa anda kunjungi tanpa dipungut biaya tiket masuk. Beberapa tempat menarik di kawasan ini adalah Orchid Garden, miniatur jam matahari, dan museum yang didedikasikan untuk Perdana Menteri Malaysia yang pertama, Tun Abdul Razak.

  1. Brickfield

Bagi anda yang hobi berswafoto dan mengunggahnya ke laman media sosial, anda wajib mengunjungi Brickfield yang berjarak 10 menit jalan kaki dari Stasiun KL Sentral. Kawasan wisata gratis ini adalah Little India versi Kuala Lumpur, karena banyaknya warga keturunan India yang menetap disana. Suasana India yang kental langsung terasa, begitu anda menyaksikan desain rumah dan kuil dengan arsitektur khas India.

Tentu saja anda bisa berfoto foto sepuasnya, secara gratis di seluruh kawasan Brickfield. Jangan khawatir kehabisan ide latar foto, karena Brickfield mempunyai banyak sekali spot spot foto yang instagrammable. Selain itu, anda juga bisa  menikmati kuliner khas India, di berbagai restoran di area Brickfield. Sebaiknya anda cek promo cheap flight ticket Malaysia, untuk menghemat budget liburan dan menikmati jajanan jajanan lezat disini.

  1. Batu Caves

Batu Caves meruapakan kuil Hindu Tamil dengan patung Dewa Murugan yang sangat ikonik. Patung Dewa berlapis emas ini memiliki ketinggian mencapai 42 meter, dan merupakan patung tertingg di dunia. Selain untuk tempat beribadah, spot wisata gratis di Malaysia ini juga selalu dipadati oleh wisatawan asing. Jika ingin melihat lebih dekat goa goa tempat beribadah, anda harus menaiki 272 anak tangga yang berwarna warni.

Batu Caves berlokasi tepat di sebelah stasiun, sehingga sangat menghemat biaya transportasi anda. Cukup dengan menggunakan KTM komuter dari KL Sentral, anda bisa turun di Stasiusn Batu Caves dan berjalan kaki ke kuil yang terkenal ini. Perlu diperhatikan bahwa anda harus mengenakan pakaian yang sopan atau tertutup, saat memasuki area suci  kuil Batu Caves.

  1. Masjid Jamek

Destinasi wisata gratis di Malaysia berikutnya adalah Masjid Jamek, yang merupakan salah satu masjid kuno di Kuala Lumpur. Masjid yang didesain dengan gaya arsitektur Moor ini, sudah dibangun sejak jaman penjajahan Inggris dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Meski terbuka untuk umum bagi wisatawan asing, area masjid akan ditutup sementara ketika tiba waktu sholat. Bagi traveller Muslim, jangan lewatkan kesempatan sholat berjamaah di masjid yang unik ini!

Akses menuju Masjid Jamek cukup mudah, karena lokasinya yang berada tepat di seberang stasiun kereta. Jika ingin menikmati suasana arsitektur masjid yang menarik untuk swafoto ini, pastikan anda mengenakan pakaian yang tertutup ya. Mengunjungi Masjid Jamek menjelang petang atau di malam hari akan memberikan sensasi yang berbeda, karena kilau lampu lampu masjid yang menambah keindahan bangunannya.

  1. Galeri Menara Petronas

Menara kembar Petronas yang menjadi ikon Kuala Lumpur, tentu masuk dalam daftar perjalanan anda ke negeri jiran ini. Menara ini merupakan kantor perusahaan minyak Petronas, dan pernah menjadi menara tertinggi di dunia. Hampir setiap hari menara kembar ini dipadati oleh wisatawan asing, untuk berfoto dengan latar belakang bangunan yang sangat ikonik. Galeri menara Petronas terbuka untuk umum setiap hari, tanpa tiket masuk alias gratis.

Sedangkan jika anda tertarik berfoto dengan sensasi ketinggian di Skybridge (jembatan udara), maka anda harus membeli tiket masuk. Biasanya para wisatawan sudah mengantri sejak pukul 7 atau 8 pagi, karena akses naik ke Skybridge yang hanya berjumlah 1200 tiket ini akan ludes terjual sebelum jam 11 pagi. Tiket masuk menuju jembatan udara paling populer di Kuala Lumpur ini, harganya sekitar RM 80 untuk wisatawan asing.

Destinasi wisata gratis tersebut bisa menjadi referensi, untuk itinerari anda ke Malaysia ala backpacker. Yang perlu anda siapkan hanya budget akomodasi selama berada di KL, serta tiket pesawat yang bisa anda dapatkan dengan harga murah jika memilih paket promo dari maskapai kepercayaan anda. Liburan ke luar negeri tidak selalu harus menguras isi tabungan anda bukan?

 

Sudah Tahu 7 Tempat Wisata Gratis Di Kuala Lumpur?

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *