Rumah merupakan tempat dimana kita bisa bersantai bersama anggota keluarga kita. Namun apa jadinya apabila rumah yang kita tempati diserang oleh jamur, tentu rumah akan menjadi tidak enak dipandang mata, dan juga bau tidak sedap akan ada didalam ruangan. Rumah yang aman dan nyaman dari gangguan jamur merupakan rumah idaman bagi setiap keluarga. Bagaimana ciri-ciri dari sebuah rumah idaman yang bebas dari jamur?

 

Sebelum kita mengnjak ke langkah membuat hunian keluarga kita aman dan nyaman, kita harus tahu terlebih dahulu mengenai efek yang bisa ditimbulkan oleh jamur dan jenis jamur yang bisa menyerang atau berkembang biak di dalam rumah.

 

Jamur yang berkembang biak di dalam rumah selain membuat tampilan didalam rumah nampak kotor ternyata banyak efek lain yang ditimbulkan oleh jamur apabila berkembang biak di dalam rumah. Jamur merupakan sebuah tumbuhan yang tidak memiliki klorofil sehingga tidak bisa membuat makanannya sendiri sehingga jamur selalu menempel di permukaan yang lembab untuk bisa mendapatkan makanan.

 

Efek dari jamur yang dibiarkan berkembang biak di dalam rumah bisa mengakibatkan hal yang fatal. Diantaranya apabila jamur didalam rumah menempel di dinding dan tidak segera dibersihkan maka dinding rumah kita bisa menjadi tidak kokoh dan mudah retak atau roboh. Selain itu bila menempel di cat tembok akan membuat cat mengelupas. Sedangkan untuk kesehatan akan sangat merugikan keluarga kita karena spora yang beterbangan bisa mengakibatkan radang pernafasan.

pixabay.com

Jenis Jamur Yang ada Di Rumah

Setelah kita mengetahui mengenai efek yang bisa ditimbulkan dari jamur yang berkembang biak di dalam rumah, sekarang kita harus tahu juga mengenai jenis dari jamur yang biasanya ada didalam rumah.

Jamur tembok Aspergillus

Merupakan jamur di tembok rumah yang bisa membahayakan anggota keluarga kita karena bisa mengganggu pernafasan, biasanya jamur ini ada pada sekat-sekat rumah. Warna dari jamur ini mulai dari warna coklat hingga warna hitam yang muncul di dinding. Jamur inilah yang bisa membuat penampilan dari ruangan didalam rumah nampak kotor.

Jamur Tembok Aureobasidium

Jamur jenis ini sering kali kita temukan di dinding dengan wallpaper atau di furniture berbahan kayu. Ciri dari jamur ini adalah berbintik pada tembok dengan warna pink hingga hitam. Jamur ini biasanya bisa kita lihat berada dibelakang sandaran kursi yang tebuat dari kayu dan menghadap tembok

Jamur Tembok Cladosporium

Jamur ini sangat mudah untuk di deteksi karena warnanya yang hijau dan juga sering tumbuh pada tembok dan juga bisa tumbuh di bawah karpet atau kain yang sudah tua, namun kita biasa melihatnya di tembok dengan kelembapan tinggi. Jamur ini sering muncul apabila kita masih menggunakan sumur, dan biasanya jamur ini akan ada di sekitar bagian bawah dari sumur kita.

Jamur dinding Pink Mold

Jamur pink mold sering tumbuh di sekitar kamar mandi, bentuknya berbintik-bintik dan menempel pada dinding atau keramik dinding kamar mandi. Sebenarnya ini bukan merupakan sejenis jamur namun ini merupakan bakteri yang memiliki nama Serratia Marcescens. Timbulnya bakteri ini biasanya karena adanya sisa-sisa sabun atau sampo yang ada di kamar mandi. Bahaya dari bakteri ini adalah bisa menyebabkan infeksi pernafasan.

pixabay.com

Cara Agar Jamur Tidak Berkembang di Rumah

Sekarang apabila kita sudah mengetahui apa efek yang bisa ditimbulkan oleh jamur dirumah kita dan juga jenis jamur seperti apa yang biasan ada di rumah kita, kita bisa melakukan beberapa jalan pencegahan agar jamur tidak berkembang biak di rumah kita. Beberapa cara agar jamur tidak berkembang di rumah antara lain

Perbanyak ventilasi

Kita bisa memperbanyak ventilasi udara agar udara bisa berganti dengan baik, jamur tidak suka dengan aliran udara yang baik karena akan membuat daerah disekitarnya menjadi jurang lembap.

Buka jemdela saat pagi sampai siang

Usahakan jemdela yang ada dirumah kita selalu terbuka dari pagi hingga siang atau sore karena dengan jendela yang terbuka maka sinar matahari akan langsung masuk keruangan dan udara juga akan berganti dengan udara segar, bisa membuat rumah menjadi nyaman.

Atur perabot yang terbuat dari kayu

Bila kita memiliki beberapa perabotan yang terbuat dari kayu misalnya lemari atau meja dan kursi, sebaiknya jangan meletakannya di sudut ruangan karena kelembapan yang dihasilkan kayu bisa membuat jamur menempel dan berkembang di kayu perabotan kita. Efeknya kayu bisa menjadi cepat rapuh.

pixabay.com

Bersihkan toilet secara rutin

Jamur akan menyerang didaerah dimana air atau kelembapannya tinggi seperti toilet, maka dari itu kamar mandi atau toilet harus dibersihkan secara rutin, agar jamur tidak mudah berkembang biak.

Bagi yang mempunyai sumur

Bagi anda yang mempunyai sumur sebagai sumber air, alangkah baiknya sumur selalu di gosok secara rutin entah itu ditembok sumur atau di dinding dekat sumur, sehingga jamur tidak mudah berkembang biak, biasanya di daerah ini selain jamur akan berkembang pula lumut yang bisa mengakibatkan kita terpeleset.

 

Begitulah cara agar rumah kita menjadi rumah idaman yang aman dan nyaman dari gangguan jamur yang mengganggu. Kunci utamanya adalah kebersihan dari rumah kita dilakukan secara rutin maka jamur atau bakteri tidak akan mengganggu keluarga kita.

Cara Agar Rumah Aman Dan Nyaman Dari Jamur

Post navigation