Ayam goreng selalu menjadi favorit, terutama anak-anak. Rasanya yang gurih dan lezat membuat setiap orang menjadi ketagihan untuk memakannya kembali. Ayam goreng krispi selalu menjadi istimewa karena tepung yang menempel pada ayam goreng inilah yang menjadi buruan. Garing dan renyah serta rasa gurih yang ditimbulkan dari perpaduan minyak goreng dan lemak ayam, membuat ayam goreng menjadi buruan.

Salah satunya adalah ayam goreng kolonel Sander’s yaitu KFC. Siapa sih yang tak kenal KFC? Bahkan anak-anak hafal dengan ayam krispi mereka. Kali ini tipsberbagi akan membagikan resep ayam goreng krispi ala KFC yang melegenda dan tersebar hampir di seluruh dunia.

Resep Ayam Goreng Krispi KFC

  1. Bahan

Sebelum menggoreng ayam, tentunya hal pertama yang disiapkan adalah menyiapkan bahan-bahan dan bumbu-bumbu apa yang akan dicampurkan ke dalam ayam. Selain ayam, bumbu-bumbu yang diperlukan yaitu 2/3 sdm garam. ½ sdm thyme, 1/3 sdm basil, 1/3 sdm oregano, 1 sdm celery salt, 4 sdm bubuk paprika, 2 sdm garlic salt, 1 sdm lada hitam, 1 sdm mustard kering, 1 sdm jahe bubuk dan 3 sdm lada putih.

Bahan-bahan kering tersebut, kemudian dicampur dengan 2 cup tepung terigu. Usahakan semua bumbu dapat tercampur dengan merata. Hal ini agar saat diaplikasikan ke ayam rasa bumbunya dapat tercampur rata.

pexels.com
  1. Cara Membuat

Ayam yang telah dipotong-potong, kemudian dibersihkan hingga sisa darahnya bersih. Kemudian beri bumbu pada ayam dengan menambahkan lada putih bubuk dan garam. Dan diamkan selama semalam di dalah kulkas, agar bumbu dapat merasuk secara sempurna. Terigu yang telah dicampur bumbu-bumbu kemudian ambil 1/3 bagian dan beri air secukupnya hingga mencair.

Masukkan ayam ke dalam adonan cair hingga tepung tercampur dengan merata. Kemudian, masukkan ayam ke adonan tepung kering sambil ditekan-tekan, agar tepung dapat menempel dengan baik. Selanjutnya siapkan penggorengan yang berisi minyak goreng dan panaskan. Saat minyak telah benar-benar panas, kemudian masukkan ayam yang telah dilumuri tepung ke dalam minyak. Goreng hingga matang.

Tips Agar Ayam Krispi Awet Krispi

Keistimewaan ayam goreng krispi KFC ini adalah krispinya yang dapat bertahan lama dan rasanya yang tetap enak. Meskipun dimakan dalam jangka lama. Berikut tips berbagi akan membagikan tips agar ayam goreng awet krispi.

  1. Campuran Tepung

Untuk mendapatkan sensasi krispi yang tahan lama, perlu adanya modifikasi pada tepung yang digunakan. Tidak hanya tepung terigu saja, namun tambahkan pula tepung maizena untuk krispi yang tahan lama. Perbandingan antara tepung terigu dan tepung maizena yaitu 80:20. Perbandingan ini merupakan perbandingan yang tepat untuk menghasilkan ayam krispi yang tahan lama.

Selain diberikan tepung maizena, tambahkan pula sedikit tepung terigu, baking powder serta bumbu-bumbu sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Kemudian seperti biasa, adonan dibagi menjadi dua yaitu adonan kering dan adonan basah.

pexels.com
  1. Es Batu

Rahasia untuk membuat ayam goreng krispi awet krispinya adalah dengan menambahkan es batu pada adonan tepung yang basah. Es batu yang ditambahkan sebaiknya tidak terlalu banyak agar adonan tidak terlalu encer. Hal ini untuk membentuk krispi yang bagus dan renyah.

  1. 2 Kali Celup

Ayam krispi KFC selalu menawarkan tepung ayam yang begitu menggoda. Selain itu, rasa yang dihasilkan pun begitu nikmat dan membuat ketagihan. Untuk mendapatkan rasa ayam krispi yang sempurna, rahasianya yaitu pada pembaluran tepung. Tepung dibagi menjadi 2 tipe, yaitu adonan basah dan adonan kering. Ayam yang telah dibumbui dan diperam (diungkep) kemudian dimasukkan ke dalam adonan basah.

Ayam yang telah dimasukkan ke dalam adonan basah pastikan setiap bagiannya terlumuri dengan rata. Kemudian masukkan ke dalam adonan kering. Setiap bagian-bagian tubuh ayam harus terlumuri tepung kering secara merata. Bahkan sampai dicelah-celahnya. Kemudian masukkan ayam kembali ke dalam adonan basah.

Ayam yang telah dimasukkan adonan basah untuk kedua kalinya, masukkan kembali ke dalam adonan kering. Remas-remas ayam hingga semua bagian ayam terbaluri tepung kering secara merata. Kemudian ketuk-ketukkan ayam untuk meluruhkan tepung yang tidak tertempel. Tepung kering yang tidak menempel dan tidak dihilangkan akan membaut penampakan ayam menjadi menggelap dan tidak menarik.

  1. Suhu Minyak Goreng

Rahasia berikutnya adalah saat teknik penggorengannya. Pastikan minyak goreng sudah dalam keadaan yang benar-benar panas saat memasukkan ayam ke dalam minyak goreng. Selain itu, gunakan minyak goreng yang banyak agar semua bagian ayam tercelup dan masuk ke dalam minyak semua. Ini akan membuat ayam krispi menjadi krispi di luar dan bagian dalam yang masih lembut dan tidak kering.

 

Resep Ayam Goreng Krispi yang Legendaris

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *