Manusia akan mengalami perubahan bentuk tubuh selama dalam fase perkembangannya sebagai akibat dari pertumbuhan fisik. Sehingga memang selama periode pertumbuhan dan perkembangan fisik manusia tersebut dibutuhkan faktor pendukung. Faktor tersebut yang akan membuat pertumbuhan serta perkembangan pada fisik manusia akan berjalan dengan lancar.

Pertumbuhan dan perkembangan yang berlangsung baik akan membawa dampak pada kualitas kesehatan yang bagus. Untuk itulah selama periode kehidupan dimana masih berlangsung pertumbuhan fisik, faktor penunjang harus dimaksimalkan. Sebaiknya mulailah sedini mungkin agar tubuh memiliki cukup waktu untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Lalu apa sajakah faktor-faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik manusia? Temukan jawabannya dalam penjabaran berikut ini.

Faktor Internal dalam Pertumbuhan Fisik Manusia

pixabay.com

Genetik

Pertumbuhan dan perkembangan fisik pada manusia memang tidak bisa dipisahkan dari gen yang ada di dalam tubuhnya. Masing-masing individu sudah membawa sifat fisik yang diturunkan dari orang tuanya. Faktor DNA atau genetika ini yang nantinya bisa memberikan pengaruh besar pada fisik seseorang. Contohnya dari orang tua yang postur tubuhnya tinggi anaknya akan cenderung tinggi juga.

Hormon

Selain faktor genetika yang juga bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik manusia adalah hormon di dalam tubuh. Hormon ini biasanya akan memberikan pengaruh sesuai dengan usia seseorang. Itulah mengapa periode pertumbuhan fisik paling pesat adalah ketika masa remaja karena pengaruh hormon.

Pada masa remaja ini hormon-hormon seksual akan mengalami pematangan sehingga terlihat perubahan yang mencolok pada invidu. Seperti tumbuhnya bulu kaki dan kumis pada anak laki-laki serta perkembangan payudara pada anak perempuan. Ketika usia sudah lewat masa remaja maka pertumbuhan akan mengalami penurunan.

Jenis Kelamin

Tahukah Anda bahwa pada anak perempuan dan laki-laki terdapat perbedaan dalam kecepatan pertumbuhannya. Anak perempuan akan cenderung mengalami pertumbuhan yang lebih pesat saat masih bayi sehingga jangan heran kalau mereka lebih cepat bicara. Bayi dan anak laki-laki pada masa itu akan tumbuh lebih lambat.

Tetapi ketika mulai memasuki masa puber dan remaja kondisinya akan terbalik. Anak perempuan akan lebih lambat dalam pertumbuhan dibandingkan anak laki-laki. Jadi tidak heran jika kemudian anak laki-laki mulai menyalip tinggi badan anak perempuan sebayanya.

Usia

Manusia akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan fisik saat berada di masa usia anak-anak hingga remaja. Saat itulah sebaiknya individu mendapatkan stimulasi maksimal dalam rangka mengoptimalkan pertumbuhannya.

Ketika sudah lepas masa remaja atau sekitar 18 tahun individu akan sangat lambat dalam pertumbuhan dan perkembangan. Sehingga stimulasi sebanyak apapun yang diberikan tidak akan banyak memberikan pengaruh.

Ras

Sebagai orang Asia, sangat kecil kemungkinan kita akan memiliki warna kulit putih seperti orang Eropa dan Amerika. Tinggi badan orang Asia juga akan lebih pendek jika dibandingkan dengan orang Eropa dan Amerika. Karena memang orang Asia memiliki ras yang berbeda dengan orang dari Eropa ataupun Amerika.

Faktor Ekternal dalam Pertumbuhan Fisik Manusia

pixabay.com

Asupan Gizi

Jangan lupakan tentang asupan gizi yang seimbang untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan fisik. Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Lebih mudahnya gunakan rumus lama yaitu 4 sehat 5 sempurna dalam penyusunan menu makanan.

Dengan menggunakan rumus tersebut setidaknya tubuh sudah memperoleh asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Sebagai tambahan bisa juga mengkonsumsi suplemen berkualitas bagus seperti tiens peninggi badan untuk memaksimalkan pertumbuhan.

Penyakit Tertentu

Pertumbuhan dan perkembangan fisik manusia bisa menjadi lebih lambat dan terhambat karena seseorang menderita suatu penyakit. Gangguan atau penyakit tersebut bisa sudah diidap seseorang sejak masih di dalam kandungan atau ketika menjalani masa kehidupannya. Salah satu contoh penyakit yang akan mengganggu pertumbuhan adalah TORCH yang disebabkan oleh infeksi virus.

Parahnya lagi penyakit TORCH ini sudah menginfeksi janin sejak berada di dalam kandungan ibunya. TORCH akan mengganggu pertumbuhan fisik manusia sejak dia masih berupa janin. Infeksi virus ini bisa menembus hingga ke dinding plasenta yang merupakan saluran makanan untuk bayi dalam kandungan ibunya.

Kebersihan Lingkungan

Mungkin masih banyak yang belum menyadari bahwa kondisi lingkungan dimana dia berada bisa membawa pengaruh pada pertumbuhan fisik. Seseorang yang tinggal di lingkungan yang tidak bersih dan banyak pencemaran akan mengalami pertumbuhan yang lebih lambat.

Hal tersebut terjadi karena zat cemaran yang ada di sekitar lingkungan tersebut bisa masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan gangguan. Terlebih jika ini terjadi pada anak-anak yang masih sangat rawan dengan pencemaran. Jadi sebaiknya pilihlah tempat tinggal dengan lingkungan bersih dan bebas pencemaran.

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Tubuh Manusia

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *