Mimisan sering terjadi pada anak di usia 3-10 tahun. Mimisan ini terjadinya juga mendadak serta tidak ada tanda-tanda sebelumnya. Mimisan bisa datang ketika anak sedang bermain, sedang melakukan aktivitas maupun sedang beristirahat tidur.

Mimisan terjadi akibat adanya pembuluh darah yang terdapat pada hidung anak pecah. Biasanya mimisan terjadi tidak lama, berkisar antara beberapa menit saja.

Penyebab Anak Sering Mimisan

Mimisan sering terjadi pada anak dikarenakan pembuluh darah pada hidung anak lebih banyak dan lebih tipis. Adapun beberapa penyebab anak sering mimisan seperti :

Udara kering

Udara kering bisa disebabkan karena pemakaian AC pada ruangan. Udara kering tersebut menyebabkan lendir yang  pada hidung menjadi kering (upil). Pada saat anak mengorek hidung untuk membersihkan upil ,biasanya tak sengaja membuat pembuluh darah yang ada di hidung pecah sehingga terjadi mimisan.

Mengorek hidung

Usahakan Pada saat anak mengorek hidung jangan terlalu dalam,terlalu sering dan terlalu keras yang menyebabkan pembuluh darah hidung menjadi pecah.

Pilek dan alergi

Hampir semua penyakit yang menyebabkan hidung tersumbat dan iritasi pada hidung berakibat mimisan. Karena kondisi seperti ini menyebabkan lapisan dinding yang ada pada hidung meradang dan mudah pecah.

Efek samping obat-obatan

Efek samping obat-obatan juga bisa menyebabkan mimisan. Diantaranya adalah efek samping dari penggunaan obat untuk mengatasi alergi dan ibuprofen.

Menderita penyakit tertentu

Sering mimisan juga bisa diakibatkan karena keadaan pembuluh darah yang tidak normal. Agar bisa dipastikan lebih jelas, kita bisa mengkonsultasikannya dengan dokter THT.

Cara Mengatasi Anak Sering Mimisan

Itulah beberapa hal yang menyebabkan anak sering mimisan. Sebaiknya kita juga jangan panik ketika anak mengalami mimisan. Kita bisa melakukan hal-hal berikut ini :

 

  •         Pertama kali ketika anak mimisan yang harus dilakukan adalah meminta anak untuk duduk,sedikit membungkuk ke depan dan disarankan untuk bernapas melalui mulut.
  •         Yang kedua adalah mencubit lembut diatas cuping hidung selama 15-20 menit
  •         Tempelkan es batu yang sudah dibungkus handuk
  •         Jika darah masih keluar,maka pencet hidung selama 10 menit

Sebaiknya jika anak sering mengalami mimisan lebih dari 1 kali dalam seminggu maka segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

 

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Sering Mimisan

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *