Sebagai mahluk yang hidup yang kompleks, manusia memiliki kemaampuan untuk menalar dan memahami sesuatu. Proses belajar itulah yang harus selalu di lakukan oleh seseorang agar dirinya tidak lenyap di makan zaman, belajar dapat dilakukan dimanapun bukan hanya pada bangku sekolah atau lembaga formal saja. Seseorang yang bijak juga bisa belajar dari hal apapun, salah satunya sumber belajar yang bisa diambil hikmahnya bersumber pada siklus kehidupan tanamanan padi.

Tanaman padi memberikan pelajaran filsafat akan sebuah pandangan hidup, “bahwa semakin berisi sebuah padi maka akan semakin merunduk”. Cara hidup padi inilah yang oleh kebanyakan orang kususnya di Asia Tenggara menerapkan prinsip hidup ini.

CARA HIDUP PADI DALAM PRINSIP KEHIDUPAN MANUSIA

Kebanyakan manusia sudah mengetahui akan esensi ilmu padi, bila dimati lebih jauh siklus kehidupan padi akan memberikan pelajaran berharga bagi kehidupan manusia. Padi hidup dalam siklus yang cukup pendek, meski demikian sebuah tanaman padi dapat memberikan manfaatnya bagi keberlangsungan hidup manusia. Dari ujung akar sebuah tanaman padi, batang dan daun padi, hingga buahnya dapat dimanfaatkan oleh mahluk hidup lain, padi hanya mengandalkan akar sebagai kelangsungan hidupnya sendiri, sedangkan bagian lainnya akan diambil manfaatnya oleh manusia.

Padi dapat memberikan manfaat besar bagi manusia, buahnya yang bernama gabah akan dimanfaatkan sebagai sumber makanan pokok bagi manusia. Dengan siklus hidup yang hanya beberapa bulan dia tetap mampu memberikan banyak manfaat bagi manusia. Bagian lain yang tidak dimanfaatkan manusia masih dapat dimanfaatkan sebagai sumber pakan alternatif bagi kehidupan hewan khusunya ternak, mulai dari batang, daunnya hingga dedak dan sekam hasil proses dari sebuah penggilingan gabah menjadi beras.

Atas dasar itulah manusia memang tidak selayaknya bertingkah laku sombong atau angkuh dalam kehidupannya, berdasar pada prinsip hidup padi bahwa “semakin berisi semakin merunduk” begitu pulalah manusia harus menjalani hidup. Artinya meskipun manusia sudah memiliki umur yang matang, tinggi ilmu serta memiliki kemampuan yang banyak manusia sudah sebaiknya hidup berdampingan dengan rendah hati serta mampu memberikan manfaat bagi kehidupan sesama manusia.

 

PENERAPAN FILOSOFI PADI PADA KEHIDUPAN MANUSIA

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *