Alquran merupakan kitab suci umat islam, terdiri dari 30 juz dan puluhan hingga ratusan surat, contohnya seperti surat As Shaff. Secara bahasa, Alquran memiliki arti bacaan, namun secara istilah, Alquran memiliki arti firman Tuhan yang diwahyukan pada Nabi Muhammad SAW. Alquran sebagai kitab suci tidak sekedar wajib dibaca saja, namun juga dipelajari, diamalkan dan dijadikan petunjuk bagi kehidupan sehari-hari. Jika dilihat dari tujuan Alquran, Alquran memiliki tujuan untuk menyempurnakan kitab sebelumnya yang sudah ada seperti kitab Taurat, kitab Zabur dan kitab Injil. Oleh sebab itulah Alquran menjadi penyempurna sebagai sumber ajaran hidup umat manusia. Namun tahukah bahwa sebenarnya ada banyak nama nama Alquran? Kalau anda tidak tahu nama-namanya, maka anda harus membaca artikel ini.

Pengertian Alquran

Alquran merupakan sebuah mukjizat yang diturunkan Tuhan pada Nabi Muhammad SAW. Selama 23 tahun, ayat-ayat Alquran turun secara perlahan, atau lebih tepatnya 22 tahun 2 bulan dan 22 hari sejak Nabi Muhammad diangkat menjadi Rasul di usia 40 tahun hingga beliau berumur 63 tahun. Selama itu, Alquran diturunkan sebagai petunjuk, mengomentari berbagai peristiwa dan juga menjawab kasus-kasus yang ada pada masa itu. Umat islam meyakini Alquran menjadi puncak dan juga penutup wahyu dari Tuhan.

Ali Ash-Shabuni mengatakan bahwa Alquran merupakan firman Tuhan yang tidak bisa dibandingkan, Alquran diturunkan pada Nabi Muhammad SAW yang merupakan nabi terakhir dengan perantara malaikat Jibril. Alquran ditulis pada mushaf yang kemudian disampaikan pada umat muslim secara mutawatir. Dengan membaca dan mempelajari Alquran, maka anda mendapatkan pahala yang banyak.

unsplash.com

Bila dilihat dari turunnya Alquran, sebagian ulama menentukan pengertian atau definisi Alquran berdasarkan lokasi turunnya sebuah ayat atau surat. Ada juga sebagian ulama yang mendefinisikan Alquran berdasarkan golongan atau orang-orang yang menjadi sasaran ayat atau surat tersebut. Ada juga ulama yang mendefinisikan Alquran menjadi dua yaitu Makiyah sebagai ayat atau surat yang turun sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah walaupun turunnya di luar Mekkah. Yang kedua adalah Madaniyah, ayat atau surat yang turun setelah Nabi Muhammad SAW hijrah walaupun turunnya di luar Madinah. Terlepas dari berbagai denifisi dari para ulama, Alquran merupakan firman Tuhan yang diturunkan pada Nabi Muhammad SAW. Surat pertama yang diturunkan adalah Al-Alaq dan yang terakhir adalah Al-Maidah. Kemudian semua surat tersebut dikumpulkan dalam mushaf yang diawali dengan surat Al-Fatiha dan diakhiri dengan surat An-Nas.

Nama Dan Arti Alquran

Dari penjelasan di atas, anda sudah tahu pengertian atau definisi dari Alquran, pada bagian ini akan dibahas mengenai nama nama Alquran. Karena perlu anda ketahui bahwa sebenarnya Alquran memiliki banyak nama. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Al Kitab

Kitab dalam bahasa Arab, yaitu Kitabun memiliki pengertian yang umum, yaitu kitab. Namun ketika kata kitab dengan baris tanwin diakhri ditambah dengan alif dan lam di depannya, maka menjadi Al Kitab dan maknanya juga akan berubah menjadi hal yang khusus. Nama Alquran sebagai Al Kitab telah disebutkan di beberapa ayat, seperti surat Ad-Dukhan ayat 1-3 dan juga surat Al-Baqarah ayat 2.

pixabay.com
  • Al Hudaa

Bagi umat manusia khususnya umat islam, Alquran merupakan petunjuk dan juga pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan Alquran sebagai petunjuk telah ditanyakan dalam firmanNya. Al Hudaa menjadi salah satu nama nama Alquran karena Alquran memiliki ciri-ciri tersebut. Beberapa ayat yang menyatakan Alquran sebagai petunjuk (Al Hudaa) adalah surat Al-Baqarah ayat 185, ayat 138, ayat 185. Dari surat Al-Baqarah tertulis bahawa Alquran sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa. Bulan Ramadhan adalah bulan turunnya Alquran yang menjadi petunjuk bagi umat manusia, dan petunjuk tersebut juga sebagai pembeda antara hal-hal yang benar dan hal-hal yang salah.

  • Al Furqan

Arti Al Furqan adalah pembeda. Dari pengertian ini, Alquran merupakan pembeda antara hal-hal yang baik dan yang buruk. Dengan membaca dan kemudian mengamalkan apa yang ada di dalam Alquran, maka umat manusia bisa membedakan mana yang baik dan buruk dengan lebih mudah. Hal ini disebutkan dalam surat Al-Furqan ayat 1 yang menyebutkan bahwa Tuhan menurunkan Al-Furqan (maksudnya adalah Alquran) kepada hambaNya (Nabi Muhammad SAW).

pxhere.com
  • Ar Rahmah

Maksud dari nama ini adalah Alquran akan melahirkan hikmah, rahmat dan iman. Bagi umat manusia yang beriman dan berpegang teguh pada Alquran, ia akan terus mencari kebaikan dan akan memberikan kebaikan dari yang ia lakukan. Ar Rahman sebagai nama lain Alquran disebutkan dalam surat Al-Isra ayat 82 yang menyebutkan bahwa Tuhan menurunkan Alquran sebagai penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang dzalim Alquran hanya menjadi sebuah kerugian.

  • An Nuur

Alquran sebagai kitab suci umat islam juga menjadi cahaya bagi kehidupan umatNya. Alquran akan menuntun umatNya menuju cahaya kebenaran dan menjauhkannya dari kegelapan. Tuhan telah berfirman dalam surat Al Maidah ayat 17, dengan kitab itulah Tuhan memberikan petunjuk pada hambaNya yang senantiasa mengikuti keridhaanNya dalam jalan keselamatan.

 

Mengenal Nama Nama Alquran

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *