Rumput odot sendiri adalah salah satu jenis rumput yang sangat sering dijumpai, karena hampir di segala media tanam jenis rumput ini dapat tumbuh dengan subur. Bahkan pada beberapa kondisi ekstrim seperti di musim kemarau yang menyebabkan media tanah menjadi gersang dan kekurangan air, jenis rumput ini masih dapat tumbuh dengan baik. Apalagi ketika musim penghujan, pertumbuhan rumput ini disertai dengan kualitasnya yang lebih bagus. Selain itu, rumput ini sangat digemari oleh para hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan domba. Kenampakan rumput ini menyerupai rumput gajah tetapi memiliki ukuran batang yang lebih pendek.

Penanaman Rumput Odot

Proses penanaman jenis rumput ini sangat mudah dan memerlukan lahan yang tidak terlalu besar. Tetapi penanaman juga dapat dibarengi dengan tanaman lain karena ukuran rumput ini lebih pendek. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan lahan untuk menanam. Sebelumnya tanah sebagai media tanam dicangkul terlebih dahulu lalu diberi pupuk kandang. Kemudian tanam bibit rumput odot dengan jarak kurang lebih 50 cm hingga 100 cm. Selanjutnya adalah perawatan berkala yang perlu dilakukan, antara lain pemberian pupuk secara berkala kurang lebih 15 hari setelah masa tanam, pastikan pula daerah tersebut terkena sinar matahari yang cukup, jika tanah terlalu kering maka perlu diberikan air, serta pembersihan terhadap gulma dan rumput liar.

Manfaat Rumput Odot

Selain keuntungannya karena disukai oleh hewan ternak, beberapa manfaat lain yang akan didapat saat menggunakan rumput odot sebagai pakan ternak yaitu:

  1. Kandungan Nutrisi

Nutrisi yang terkandung dalam rumput ini cukup tinggi, antara lain kadar lemak, digestibility dan protein kasar. Hal ini menyebabkan hewan ternak anda dapat tumbuh dengan kuat dan memiliki postur yang besar.

  1. Kecepatan Pertumbuhan Yang Tinggi

Tingkat kecepatan ini bergantung pada kadar air dalam tanah selama proses tanam. Anda dapat memanen rumput ini lebih cepat ketika musim hujan yaitu sekitar 1 sampai 1,5 bulan, sedangkan pada musim kemarau 1,5 sampai 2 bulan.

Sekarang, sudah tahu kan manfaat rumput odot ini. Walaupun terlihat seperti rumput gajah tetapi memiliki manfaat lebih besar.

Mengetahui Budidaya Rumput Odot dan Manfaatnya

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *