Kadal duri mata merah atau yang biasa disebut kadal papua merupakan spesies kadal yang berasal dari wilayah Papua. Kadal ini memiliki wujud yang lumayan menyeramkan dan sangar. Namun sebaliknya, kepribadian kadal yang satu ini sebenarnya sangatlah jinak. Memiliki nama ilmiah Tribolonotus Gracilis, panjang kadal ini bisa mencapai 25 cm dengan usia rata-rata mencapai sekitar 10 tahun.

Dinamakan kadal duri merah, sebab kadal ini memiliki duri pada tubuhnya dan punya keunikan berupa lingkaran berwarna merah di sekeliling matanya. Kadal kecil ini butuh tempat tinggal dengan kelembaban tinggi. Itulah mengapa tempat hidupnya tidak bisa jauh dari air. Kadal duri mata merah ini biasanya memangsa serangga seperti jangkrik, cacing, semut dan serangga lainnya untuk makanannya.

Selain bagian matanya yang khas, kadal asli Papua ini juga memiliki kemampuan unik. Ekornya dapat tumbuh kembali jika putus, meski ekor baru ini tidak sesempurna ekor aslinya. Kadal Papua juga pintar mengelabuhi predatornya dengan berpura-pura mati dan merupakan hewan noctunal atau yang hanya aktif di malam hari.

Mengenal Kadal Duri Mata Merah, Kadal Papua Yang Unik

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *