Tanah merupakan komponen penting pembentuk bumi yang berada pada permukaan paling atas dari bumi. Pengetahuan tentang tanah tidak hanya mencakup berbagai lapisan tanah, namun juga horizon tanah.

Pengertian Horizon Tanah

Horizon tanah merupakan level atau bahan tanah yang diurutkan mulai dari atas hingga paling bawah, dimana setiap levelnya tersusun bahan tanah yang berbeda. Horizon tanah dibedakan menurut urutan teratas.

Macam-macam Horizon Tanah

  1. Horizon O

Horizon tanah yang terbentuk karena adanya pembusukan material organik. Misalnya daun-daun gugur, bangkai hewan dan tumbuhan. Horizon O ini terletak paling atas di permukaan tanah.

  1. Horizon A

Tersusun atas material organik yang berwarna gelap dan tercampur dengan mineral sebagai akibat adanya aktivitas dari mikroorganisme. Terletak tepat dibawah dari horizon O.

  1. Horizon E

Merupakan tanah yang kehilangan mineral cukup besar dibandingkan horizon A. Letaknya menempel tepat dengan horizon A. Horizon E berguna sebagai pengganti horizon A.

  1. Horizon B

Pada horizon B lebih mencirikan pada jenis tanah, misalnya tanah aluvial, tanah humus, silikat, senyawa besi dan karbonat yang berbentuk komponen maupun tunggal.

  1. Horizon C

Terdiri atas lapisan batuan yang mengalami pelapukan dan memiliki sifat yang berbeda dengan tanah pada horizon O, A, E dan B. Sering disebut sebagai lapisan bahan induk tanah.

  1. Horizon D dan R

Merupakan lapisan yang paling dasar yang terbentuk oleh batuan pejal seperti batu pasir, granit, batu gamping dan batuan basal.

Mengenal Horizon Tanah: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *