Saat membangun atau merenovasi rumah atau ruangan, kadangkala keramik lantai tidak bisa atau sulit dipasang dalam keadaan utuh. Contohnya pada bagian pinggir ruangan atau sudut, kadangkala ukuran pinggir tidak selalu sama ukurannya dengan keramik yang Anda gunakan. Dalam keadaan ini, untuk bisa dipasang, keramik harus dipotong terlebih dahulu.

Namun yang perlu Anda ketahui adalah, memotong keramik atau ubin lantai tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Terdapat cara dan tekniknya tersendiri. Selain itu, jika Anda tidak bisa memotong ubin lantai sendiri atau tidak memiliki alat pemotong ubin lantai, Anda dapat menggunakan jasa CNC router untuk membantu Anda memong ubin lantai.

Ada beberapa teknik memotong ubin lantai yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Pemotongan ubin lantai dapat dilakukan secara manual atau dengan menggunakan alat pemotong ubin, seperti penggaris keramik (tilescriber) dan pemotong keramik (cutter). Anda dapat memilih kedua jenis alat pemotong ubin lantai ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Teknik Memotong Ubin Lantai

pixabay.com

Memotong Ubin Lantai dengan Menggunakan Penggaris Keramik (Tile Scriber)

Jika Anda ingin memotong ubin lantai dengan menggunakan penggaris keramik, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Sebelum melakukan pemotongan pada keramik, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memberi tanda pada bidang yang akan di potong. Untuk membuat tanda ini, Anda dapat menggunakan pensil atau spidol untuk menggaris. Agar garis yang dibuat benar-benar lurus dan sesuai dengan yang Anda inginkan, gunakan alat bantu seperti penggaris besi untuk membuat tanda.

Jika Anda memotong ubin lantai dalam jumlah yang cukup banyak, Anda dapat menggunakan mal ukur untuk mempercepat proses penggarisan pada ubin yang akan dipotong.

  • Sebelumya, pastikan Anda telah memeriksa alat penggaris keramik yang Anda gunakan. Pastikan alat tersebut tajam dan pastikan pegangannya dalam keadaan kuat.
  • Dalam melakukan pemotongan, pastikan Anda meletekkan ubin pada tempat yang datar dan dengan permukaan yang kuat. Anda juga bisa meletakkan ubin yang akan dipotong di atas meja yang kuat.
  • Letakkan penggaris pada permukaan ubin yang akan dipotong. Sebelumnya, pastikan letak penggaris berada tepat pada garis yang telah dibuat.
  • Selain posisi yang penggaris yang tepat, pastikan badan Anda juga dalam posisi yang tepat dan nyaman untuk menarik penggaris. Jika Anda sudah merasa dengan posisi Anda, selanjutnya Anda dapat menarik penggaris di sepanjang sisi yang akan dipotong.
  • Setelah itu, tarik penggaris dari ujung ke ujung dengan posisi matau pisau tetap rapat dengan penggaris besi. Pastikan Anda menekan mata pisau hingga ke dalam keramik agar keramik terpotong dengan sempurna. Meski demikian, kedalaman mata pisau disesuaikan dengan ketebalan keramik yang akan dipotong.
  • Setelah terpotong, langkah selanjutnya adalah memisahkan bagian yang sudah dipotong dengan cara ditekan.
  • Tempatkan keramik pada atas papan dengan tanda yang telah dibuat dengan menggunakan kabel. Tekan kedua pinggiran kabel secara bersamaan untuk memisahkan keramik.

Anda dapat menggunaka metode ini untuk pengerjaan kecil di rumah. Mengingat lamanya proses pemotongan mulai dari menggaris hingga mematahkan keramik.

pixabay.com

Pemotongan Ubin dengan Menggunakan Pemotong Keramik (Tile Cutter)

Berikut adalah langkah-langkah untuk pemotongan ubin dengan menggunakan pemotong keramik:

  • Sama halnya dengan memotong menggunakan penggaris keramik, sebelum proses pemotongan, pastikan Anda telah membuat garis atau tanda pada bagian yang akan dipotong.
  • Pastikan mata pisau pemotong dalam keadaan tajam. Pastikan pula pegangan alat penjepit dan bagian penahan pada alat pemotong berfungsi dengan sempurna.
  • Letakkan peralatan pada tempat yang datar dan kuat. Setelah itu Anda dapat melakukan proses pemotongan.
  • Posisikan keramik berada pada alat pemotong dan pastikan posisi keramik dan mata pisau pemotong berada pada garis lurus. Jika Anda memotong keramik dalam jumlah yang banyak dan dengan ukuran yang sama, Anda dapat mengunci untuk mempercepat proses pemotongan.
  • Atur posisi alat penahan batas keramik. Sebelumnya, pastikan alat penahan dalam keadaan baik dan menahan dengan kuat.
  • Letakkan mata pisau emoting dari ujung keramik yang paling jauh. Kemudian tarik dari ujung ke ujung sesuai dengan garis yang telah dibuat dengan cara menekan permukaan keramik.
  • Jika Anda sudah menarik mata pisau, gunakan kaki untuk menekan alat pemotong. Tekan hingga keramik terpotong sesuai dengan garsi yang telah dibuat.

Alat pemotong ini biasanya digunakan untuk melakukan pemotongan pada keramik yang terbuat dari tanah liat dan memiliki lapisan gelas yang tipis. Sehingga tidak dianjurkan digunakan untuk memotong keramik yang tidak terbuat dari bahan gelas.

Bagi Anda yang tidak memiliki alat pemotong keramik, Anda dapat menggunakan jasa CNC router untuk melakukan proses pemotongan.

Tips dan Teknik Memotong Keramik

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *