Memilih produsen batik di zaman sekarang ini dapat dikatakan susah-susah gampang karena mengingat banyaknya produsen yang menyediakan berbagai ragam batik dengan motif dan corak yang sangat bervariasi. Di pasaran Anda pun juga banyak menemukan berbagai pilihan batik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda.

Hal inilah yang membuat diri Anda harus lebih selektif dalam melakukan pemilihan kain batik. Ditambah lagi dengan banyaknya pilihan pabrik batik yang akan Anda jumpai di pasaran tentu akan membuat diri Anda merasa dilema dalam menentukan pilihan.

Untuk melakukan pembeliannya dapat dilakukan secara offline maupun secara online karena sudah banyak para produsen batik yang Anda jumpai melalui media online. Akan tetapi masih ada hal penting yang seharusnya diperhatikan dengan baik supaya Anda tidak salah dalam memilih produsen batik.

Tips Memilih Produsen Baju Batik

pixabay.com

Mengingat bahwa produsen batik di pasaran sangatlah banyak, maka penting bagi Anda untuk lebih berhati-hati dalam menentukan produsen batik. Hal ini memiliki tujuan supaya Anda benar-benar menemukan produsen yang terbaik dan dapat dipercaya. Untuk lebih jelasnya lagi, silakan simak tips yang ada di bawah berikut:

Cari informasi sebanyak mungkin

Untuk mencari informasi dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah karena Anda dapat mencarinya di berbagai sumber, salah satunya seperti di internet. Carilah informasi sebanyak mungkin supaya Anda benar-benar menemukan produsen baju batik yang terbaik. Cari informasi dimana letak pabrik tersebut, desain atau motif batik yang dihasilkan, kerapian kain batik dan hal yang lainnya.

Kerapian cetakan

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu dari segi kerapian cetakan dari motif batik. Untuk pembuatan batik yang melalui proses pengecapan atau pencantingan pada umumnya mempunyai bentuk motif yang tidak simetris dan tidak rapi. Hal ini disebabkan untuk pembuatan batik dilakukan dengan proses manual.

Sementara untuk pakaian batik print tentunya akan mempunyai bentuk motif yang jauh lebih simetris dan lebih rapi. Hal ini dikarenakan batik print pembuatannya melalui mesin buatan. Akan tetapi jika dilihat dari segi nilai seninya, tentu untuk batik cap atau batik tulis memiliki nilai seni yang jauh lebih tinggi. Namun untuk kerapihan cetakan harus diperhatikan dengan sebaik mungkin.

Lihat kain batik dengan sesama

Untuk produsen batik yang selalu mengedepankan kualitas dengan pengalaman yang tinggi maka akan menyediakan batik print dan batik tulis atau batik cap. Untuk mengetahui lebih jelasnya maka Anda bisa mencari tahunya dari pihak produsen dan tanyakan mengenai kualitas dari masing-masing baju batik yang ingin Anda pilih.

Ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk melihat segi kualitas dari cetakan batik terutama untuk batik yang dibuat dengan proses pencarian dan pengecapan menggunakan lilin. Pada proses ini biasanya akan tembus sampai ke bagian belakang kain. Dengan hal inilah maka menjadikan motif dan warna kain batik akan sama antara belakang dan depan.

Sementara untuk batik print secara umum hanya memiliki warna pada satu sisi saja dan untuk sisi yang lainnya memiliki warna putih seperti pada kain aslinya. Untuk membedakan kualitas dari batik maka Anda dapat melihat batik dengan motif batik bolak-balik. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui bagaimana kualitas batik yang akan Anda pilih tersebut.

Perbandingan harganya

Untuk perbandingan harga menjadi faktor yang paling penting ketika Anda sedang memilih produsen baju batik. Sebaiknya Anda membandingkan harga batik antara produsen yang satu dengan produsen yang lainnya. Hal ini memiliki tujuan supaya Anda bisa menemukan produsen yang menyediakan harga paling murah namun dengan kualitas yang tidak murahan.

Hal yang Harus diperhatikan Saat Memilih Batik

pixabay.com

Supaya Anda tidak salah dalam memilih baju batik sebaiknya Anda memperhatikan hal penting seperti berikut:

Cium aroma kain batik

Cara ini dapat Anda lakukan apabila Anda melakukan pembelian kain batik secara offline. Untuk baju batik cap atau tulis akan mempunyai aroma yang khas malam maupun lilin batik yang tidak terlalu menyengat. Akan tetapi untuk baju batik print akan mengeluarkan aroma tekstil yang cukup menyengat. Aroma yang menyengat tersebut dikarenakan adanya penggunaan tinta kimia dan bukan penggunaan lilin batik.

Ukuran baju batik

Untuk ukuran Anda harus menyesuaikan nya dengan ukuran tubuh supaya kenyamanan dapat dirasakan ketika baju batik Anda kenakan. Pastikan baju batik yang Anda kenakan tersebut tidak terlalu kekecilan dan juga tidak terlalu kebesaran. Selain itu Anda juga harus memperhatikan apakah baju batik tersebut terlalu kependekan atau terlalu kepanjangan.

Pemilihan warna

Untuk pemilihan warna dapat disesuaikan dengan kebutuhan maupun acara yang Anda hadiri. Supaya memberikan kesan yang lebih muda, sebaiknya Anda memilih warna pastel atau warna yang cerah namun tidak terlalu mencolok.

Tampil cantik dengan pakaian batik memang menjadi trend masa kini. Mengingat bahwa pakaian batik di zaman sekarang ini selalu mengikuti tren fashion sehingga banyak para masyarakat baik kaum pria maupun wanita menjadikan batik sebagai salah satu pakaian yang tepat digunakan dalam berbagai acara baik formal maupun acara non formal.

Memilih Produsen Baju Batik Terbaik

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *