Pernah berkunjung ke Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta? Sebagian besar dari kita tentu sudah pernah mendengar tentang masjid yang menjadi salah satu ikon kota Jakarta ini. Perlu diketahui, masjid Istiqlal sendiri merupakan salah satu masjid yang bisa dikatakan tertua di Indonesia. Mengapa demikian hal tersebut karena masjid ini dibangun sejak zaman kemerdekaan Indonesia.

Nah, berbicara tentang masjid Istiqlal kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang sejarah dibalik pembangunan masjid terbesar di Ibukota Jakarta ini. Langsung saja berikut akan disajikan beberapa ulasan singkat tentang sejarah, lokasi masjid istiqlal beserta fakta menarik yang belum banyak diketahui. Apa saja itu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Informasi Seputar Masjid Istiqlal Jakarta

pixabay.com

Sejarah Singkat Masjid Istiqlal

Dalam sejarahnya, Masjid Istiqlal sendiri dibangun setelah terjadinya Kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Kemunculan ide pembangunan masjid ini karena adanya keinginan untuk mendirikan masjid nasional yang lokasinya di Ibukota. Sebenarnya ide awal pembangunan masjid nasional ini tercetus setelah empat tahun Proklamasi Kemerdekaan.

Perlu diketahui, gagasan pembangunan masjid ini sejalan dengan tradisi yang biasa dilakukan oleh bangsa Indonesia pada zaman dulu. Tradisi tersebut yakni pembangunan bangunan monumental keagamaan yang melambangkan keberhasilan atau kejayaan sebuah negara. Sehingga, setelah Proklamasi kemerdekaan RI tersebut muncullah gagasan untuk pembuatan masjid nasional.

Makna Bangunan Masjid Istiqlal

Setelah mengetahui sejarah singkat dari Masjid Istiqlal, maka selanjutnya kita juga perlu mengetahui apa makna pembangunan dari masjid ini. Seperti yang diketahui bahwa ada banyak sekali makna tersirat dari pembangunan Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta. Ketika memasuki ruangan, Anda akan melihat tujuh gerbang yang mana masing-masing diberi nama berdasarkan nama-nama Allah.

Tidak hanya itu saja, pada bagian ruang utama masjid terdapat kubah raksasa yang memiliki diameters sebesar 45m. Angka tersebut melambangkan tahun kemerdekaan bangka Indonesia. Nah, perlu diketahui ada banyak sekali fasilitas yang disediakan di sini. Sehingga tidak heran jika banyak jamaah baik dari kota Jakarta maupun luar kota Jakarta yang betah berlama-lama berada di sini.

Fakta Menarik Seputar Masjid Istiqlal Jakarta

pixabay.com

Lokasi Awal Masjid Istiqlal

Tahukah Anda pada awalnya Masjid Istiqlal akan diusulkan untuk didirikan di daerah Thamrin Jakarta Pusat. Namun ternyata presiden pertama yakni Bung Karno memilih untuk membangun masjid ini berdampingan langsung dengan Gereja Katerdal yang mana merupakan rumah ibadah umat Katolik. Hal tersebut membuat Istiqlal dan Katedral menjadi salah satu simbol toleransi yang paling nyata.

Arti Nama Istiqlal

Kita seringkali mendengar nama Masjid Istiqlal namun mungkin sebagian besar dari kita belum mengetahui arti kata ‘Istiqlal’ itu sendiri. Sebenarnya nama Istiqlal berasal dari bahasa arab yang berarti ‘kebebasan, lepas, merdeka’. Sedangkan secara istilah menjadi bentuk syukur kepada Tuhan atas rahmat kemerdekaan yang diberikan, sehingga masjid ini berdiri atas semangat kebangsaan.

Dirancang Oleh Arsitek Nasrani

Sepertinya tak banyak yang tahu kalau Masjid Istiqlal ini dirancang oleh seorang arsitek yang beragama nasrani. Arsitek tersebut adalah Frederich Silaban yang mana dipilih melalui sebuah sayembara yang pada saat itu tim jurinya dipimpin langsung oleh Bung Karno. Pada saat itu karya Frederich yang terpilih yakni berjudul ‘Ketuhanan’. Dari sanalah Frederich Silaban mendapat julukan ‘By the Grace God’.

Memiliki Beduk Raksasa

Satu lagi fakta menarik masjid Istiqlal yang masih belum banyak diketahui oleh khalayak umum yakni memiliki beduk dengan ukuran yang sangat besar. Tahukah Anda bahwa beduk raksasa yang terdapat di Masjid Istiqlal ini memiliki berat sebesar 2.3 ton. Untuk panjangnya sendiri yakni mencapai 3 meter dan berdiameter 2 meter pada bagian depan serta 1,7m pada bagian belakang. Beduk raksasa ini terbuat dari bahan dasar kayu miranti merah yang mana usianya sudah mencapai 300 tahun.

Ternyata ada banyak sekali informasi tentang masjid Istiqlal yang masih belum kita ketahui. Demikian ulasan singkat tentang masjid Istiqlal mulai dari sejarah, makna pembangunan hingga fakta menarik seputar masjid Istiqlal yang tak banyak diketahui. Nah, berbicara soal masjid tentu tidak terlepas dengan yang namanya karpet. Perlengkapan yang satu ini menjadi salah satu perlengkapan vital masjid.

Agar ibadah solat tetap nyaman dan khusuk, maka perlu menggunakan karpet yang nyaman. Untuk mendapatkan karpet yang nyaman dan berkualitas, Anda perlu mencari di toko karpet masjid terpercaya. Sekarang ini sudah banyak dijumpai toko karpet masjid yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan bujet. Jadi pastikan jangan sampai salah pilih ya! Buat ibadah semakin nyaman dengan karpet berkualitas.

 

 

Bagaimana Sejarah Masjid Istiqlal? Simak Penjelasannya berikut

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *