Olahraga futsal adalah salah satu aktivitas yang paling banyak digemari oleh semua kalangan. Salah satu alasan yang menjadikan futsal sangat digemari adalah karena futsal dilakukan secara indoor sehingga tidak mengenal waktu dan cuaca. Kapanpun anda bisa bermain futsal baik pagi, siang atau malam. Namun ternyata melakukan olahraga futsal sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Yuk intip manfaat olahraga futsal berikut.

Manfaat Bermain Futsal yang Jarang Diketahui

1 Melatih Team Work

Salah satu manfaat yang paling bisa dirasakan saat bermain futsal adalah melatih kerja sama antar pemain. Dalam permainan futsal kerja sama tim merupakan faktor krusial yang harus dimiliki untuk memenangkan pertandingan. Futsal tidak bisa dilakukan satu orang saja, melainkan harus dengan satu tim. Olahraga ini juga menekankan passing pendek dan cepat sehingga membuat setiap anggota tim harus berkonstrubusi.

Kerja sama tim ini bisa terjalin jika melakukan proses latihan bersama antar pemain. Hal ini bertujuan agar masing masing tim mengenal karakter bermain satu sama lain. Kerja sama tim tidak hanya secara permainan saja, namun juga komunikasi antar pemain dalam lapangan harus terjalin dengan baik dan harus buat jersey futsal untuk tim yang sama. Tanpa hal tersebut maka tim yang dibangun akan mudah rapuh dan sulit untuk meraih kemenangan.

  1. Melatih Keahlian Teknik

Permainan dari Spanyol sebetulnya memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda dengan sepak bola yang dimainkan di lapangan konvensional. Jika sepak bola lebih menekankan fisik dan power, maka manfaat olahraga futsal akan menekankan pada keahlian dribbling, control ball dan shooting. Keberhasilan sebuah tim ini juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan tim dan teknik penguasaan bola dalam mengoper hingga melakukan passing pendek dan cepat.

Hal inilah yang menjadi ciri khas dari olahraga futsal yaitu mengandalkan bola bola bawah dengan passing yang sangat akurat dan cepat menuju ke sasaran. Inilah mengapa tim sepak bola lebih banyak menguasai bola dengan passing pendek dan cepat akan lebih memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan. Namun jika bermain futsal maka hal dasar yang harus dikuasai adalah teknik dasar.

  1. Melatih Berpikir Cepat

Permainan futsal tidak hanya melibatkan kemampuan fisik dan passing pendek dari kaki ke kaki, namun juga melatih untuk berpikir cepat. Setiap pemain futsal diwajibkan untuk bisa berpikir cepat dalam mengambil keputusan yang tepat. Hal ini karena permainan futsal dimainkan dengan tempo yang tinggi dan cepat, sehingga setiap pemain dituntut untuk berpikir cepat dalam mengambil sebuah keputusan.

Apabila pemain lengah sedetik saja, maka bisa bisa lawan main akan merebut bola. Hal ini tentu merupakan boomerang bagi tim karena akan kesulitan untuk mendapatkan bola kembali. Dari sinilah manfaat olahraga futsal yang mengajarkan kepada semua pemain untuk berpikir cepat dalam mengambil keputusan. Tidak hanya mengandalkan fisik dan teknik namun juga mengandalkan otak saat akan bermain.

  1. Permainan yang Cepat

Ciri khas dari permainan futsal adalah permainan yang dimainkan dalam tempo tinggi dan cepat. Karena permainannya yang cepat, maka anda harus mempersiapkan fisik secara maksimal sebelum bertanding. Keadaan fisik setiap pemain ini sangat menentukan keberhasilan sebuah tim untuk memenangkan pertandingan. Maka tidak heran jika dalam sebuah pertandingan fitsal, pelatih akan selalu mengganti pemain hanya dalam waktu yang singkat saja.

Biasanya para pelatih akan mengganti pemainnya setiap 4 hingga 5 menit saat pertandingan mulai berjalan. Pergantian pemain ini sangat dibutuhkan dalam pertandingan futsal, sehingga pelatih benar benar membutuhkan pemain yang memiliki stamina dan daya tahan yang sangat kuat. Sehingga manfaat melakukan olahraga futsal adalah untuk melatih stamina dan daya tahan tubuh agar tetap kuat.

  1. Melatih Disiplin pada Diri Seseorang

Tak banyak orang yang mengetahui jika manfaat olahraga futsal adalah untuk meningkatkan kedisiplinan. Tidak hanya di dalam lapangan, namun pemain juga harus menjaga kedisiplinannya di luar lapangan dengan timnya. Pemain yang baik akan mulai menghargai waktu, menghargai pelatih dan yang lebih penting adalah menghargai rekan rekannya terlebih dahulu untuk selalu datang tepat waktu saat latihan.

Selain itu permainan ini juga mengharuskan pemainnya untuk mulai menjaga pola hidup yang baik seperti makan, asupan gizi dan istirahat. Ketiga faktor ini sangat menentukan bagi seorang atlet dalam menjaga stamina dan daya tahan. Dengan disiplin dalam latihan, maka akan membangun kesadaran yang tinggi bagi para pemainnya. Secara otomatis para pemain futsal akan mulai terbiasa disiplin dengan rutinitasnya sebelum pertandingan.

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Futsal adalah salah satu permainan yang penuh strategi dan trik sehingga bisa mengalahkan lawan. Strategi dan taktik dalam bermain futsal ini akan terus berkembang setiap saat. Karena masing masing tim tentu memiliki strategi masing masing dan beradu taktik saat sedang bertanding. Adu taktik dan strategi ini adalah manfaat olahraga futsal yang sangat menarik untuk ditonton saat pertandingan futsal.

Perlu diketahui tidak hanya pelatih yang harus memiliki kecerdasan dalam menentukan sebuah taktik bermain futsal. Namun kecerdasan dari pemain juga sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah tim saat bermain di lapangan. Pemain akan dituntut untuk bisa membaca pergerakan lawan dan membaca bagaimana permainan yang dilakukan oleh tim lain. Pemain yang memiliki kecerdasan yang baik tentu akan memiliki visi permainan yang baik pula untuk mengalahkan lawan bermain.

  1. Merupakan Sebuah Hiburan dan Penghilang Stress

Tentu saja semua orang akan setuju jika olahraga futsal sangatlah menghibur. Banyak orang yang bermain futsal selain karena hobi namun juga karena menghibur dan menghilangkan stress. Dengan bermain futsal maka stress dan tingkat kejenuhan setelah beraktivitas sehari hari bisa berkurang. Selain itu futsal juga menjadi daya tarik bagi masyarakat yang ingin mengetahui taktik bermain futsal. Manfaat olahraga futsal juga mampu membuat seseorang merasa bangga jika menang.

Tidak hanya dimainkan sebagai hobi, futsal juga bisa memberikan dampak yang luar biasa untuk para tubuh pemainnya. Para pemain futsal akan dilatih untuk selalu berpikir cepat dalam keadaan apapun. Mereka akan dilatih untuk bisa membaca pergerakan lawan dan juga permainan yang dilakukan. Selain itu futsal juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena berkeringat setiap kali memainkan olahraga satu ini.

Bantu Tingkatkan Kesehatan, Berikut 7 Manfaat Olahraga Futsal Untuk Tubuh Anda

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *