Macam-macam gaya renang memiliki manfaat yang berbeda satu sama lain. ada beberapa gerakan yang fokus untuk menyehatkan satu anggota badan tertentu. Berenang adalah salah satu jenis olahraga, jadi manfaatnya untuk membuat badan sehat dan kuat.

Untuk Anda yang hobi berenang, tidak ada salahnya mempelajari gaya berenang yang bermacam-macam tersebut. Dengan menguasai banyak gaya berenang, semua anggota tubuh akan bisa merasakan manfaatnya. Nah, berikut ini akan diulas beberapa macam gaya berenang dan manfaatnya untuk tubuh.

Macam-macam Gaya Renang dan Manfaatnya

pexels.com

Gaya Bebas

Gaya renang yang biasa Anda kuasai pertama adalah gaya bebas, gaya ini merupakan gaya renang paling cepat dan efisien. Gaya bebas ini menuntut seluruh bagian tubuh untuk bergerak bersamaan sehingga manfaatnya sangat menyeluruh untuk menyehatkan badan.

Gaya ini memang membutuhkan kaki dan tangan bergerak dengan sangat aktif. Sehingga otot, lengan, leher, punggung, dada akan terkena efek gerakannya. Jadi dengan melakukan gaya bebas ini banyak manfaat yang akan diterima oleh tubuh manusia.

Salah satu manfaatnya misalnya saja untuk meregangkan otot punggung serta membuat persendian menjadi kuat. Manfaatnya selanjutnya tentu saja pembakaran kalori, yang ampuh menghilangkan lemak membandel dalam tubuh.

Pembakaran kalori ini tergantung dengan berat badan yang Anda miliki. Misalnya saja berat badan Anda 55-60 kilo, maka kalori yang dibakar mencapai 330. Sedangkan jika berat badan Anda 65-70 kilo, maka kalori yang bisa dibakar sebanyak 409. Hitungan-hitungan ini berdasarkan haya bebas yang dilakukan selama setengah jam.

Gaya Kupu-kupu

Ketika menggunakan gaya kupu-kupu, maka Anda berenang dengan otot inti. Gaya kupu-kupu memang menggunakan tubuh bagian atas sehingga wajar jika otot inti yang paling banyak berperan.

Berenang gaya kupu-kupu memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia salah satunya untuk mengencangkan otot. Otot-otot yang bisa dimaksimalkan dengan gaya kupu-kupu adalah otot lengan, dada, perut dan punggung.

Buat Anda yang sedang dalam masa pertumbuhan, berenang dengan gaya kupu-kupu juga ampuh membantu meningkatkan postur tubuh. Selain itu tingkat fleksibiltas tubuh juga bisa ditingkatkan dengan aktivitas renang yang rutin. Singkatnya, yang menjadi fokus dari gaya kupu-kupu adalah tubuh bagian atas.

Gaya kupu-kupu juga ampuh untuk membakar kalori dalam tubuh, cara efektif untuk menurunkan berat badan. Hitungannya, jika berat badan 55-60 kilo, maka kalori yang dibakar selama setengah jam berenang gaya kupu-kupu adalah sebanyak 330.

Jika berat badan 65-70, maka kalori yang bisa dibakar setelah setengah jam sebanyak 409. Sedangkan jika berat badan 80-85, maka kalori yang bisa dibakar setelah berenang gaya kupu-kupu selama 30 menit sebanyak 488 kalori.

Gaya Punggung

Gaya punggung memang mirip dengan gaya bebas, dimana perenang harus menggunakan kaki dan tangan untuk berenang. Bedanya gaya punggung berbaring telentang seakan melayang dalam air.

Salah satu manfaat dari gaya punggung adalah dapat membantu memperpanjang tulang belakang, cocok untuk yang berhasrat mendapatkan badan menjulang. Selain itu gaya punggung juga ampuh untuk mengencangkan otot dalam tubuh semisal otot pantat, bahu, kaki dan perut.

Lebih jauh, karena gaya punggung lebih membutuhkan gerakan pinggul, maka gaya renang ini cocok untuk pekerja kantoran. Seharian duduk di kubikel tentu saja membuat otot bawah stress. Oleh karena itu bisa relaksasi sekaligus olahraga dengan berenang gaya punggung.

Selain itu, gaya ini juga ampuh membakar kalori dengan maksimal. Hitungannya, dengan berenang gaya punggung selama 30 menit, orang dengan berat badan 55-60 bisa membakar 240 kalori. Sedangkan orang dengan berat badan 80-85 bisa membakar hingga 355 kalori.

Gaya Dada

Gaya dada juga bisa disebut gaya katak, karena memang gerakannya memang mirip katak. Gerakan gaya ini memang dengan menekuk lutut dan menendang ke bawah dalam air, sangat mirip gaya renang katak. Gaya ini bermanfaat untuk mengencangkan otot kaki dan otot punggung. Gaya ini juga ampuh membakar kalori sebanyak 300-444 dengan berenang selama setengah jam.

Risiko dalam Renang yang Harus Diketahui

pixabay.com

Berenang memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Namun perlu diperhatikan beberapa hal agar tidak terjadi kecelakaan dalam berenang. Misalnya saja tenggelam yang bisa menyebabkan kematian.

Selain itu juga pinggiran kolam renang yang licin juga bisa mengakibatkan terpeleset. Jadi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, harus paham dulu kedalaman kolam renang yang ingin digunakan. Selain itu disarankan untuk memakai peralatan renang semisal kaca mata renang.

Demikianlah ulasan macam-macam gaya renang serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Nah, untuk aktivitas berenang yang maksimal, menyenangkan dan tetap syar’i khususnya untuk muslim, jangan lupa hanya andalkan pada produk baju renang muslim berkualitas unggulan ya.

Macam-macam Gaya Renang dan Manfaatnya bagi Tubuh

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *