Memelihara hewan merupakan salah satu hobi yang dimiliki oleh banyak orang di masa modern ini. selain anjing dan kucing, jenis hewan peliharaan lain yang sangat populer adalah burung. Hal tersebut dikarenakan hewan yang satu ini selain memiliki warna yang bervariasi juga memiliki suara kicauan yang bagus. Salah satu jenis burung yang banyak diminati adalah butung kacer. Ia merupakan jenis burung dengan suara kicauan yang merdu. Tak heran jika burung yang satu ini memiliki banyak peminat.

Ada fakor lain yang membuat banyak orang menyukai jenis burung yang satu ini. hal tersebut dikarenakan postur tubuh yang dimiliki oleh jenis burung yang satu ini sangat terlihat gagah dan juga tampak keren. Apabila kacer kondisinya terjaga dengan baik, maka ia akan memiliki harga yang fantastis. Burung ini bisa dibanderol dengan harga hingga ratusan juta jika memiliki kualitas yang bagus. Harga ini pantas saja didapatkan oleh burung ini karena ia memiliki suara yang indah dan juga rupa yang menawan.

Habitat asli dari kacer ini adalah daerah hutan terbuka. Burung ini dikenal sebagai jenis burung yang lebih menyukai tempat terbuka daripada tempat tertutup yang dipenuhi oleh pepohonan rimbun. Meski demikian tak semua jenis burung ini bisa hidup di daerah pantai atau berada di dekat laut. Ketika memeliharanya perhatikan jenis makanan yang diberikan kepadanya, karena ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari karena dapat memberikan dampak yang berbahaya untuk burung menggemaskan yang satu ini.

Karakteristik Burung Kacer

Karakteristik Burung Kacer
ilustrasi (photo: pixabay.com)

Tak sulit untuk mengenali jenis burung yang satu ini. burung kacer merupakan jenis burung yang mempunyai kemampuan untuk menirukan suara burung lain. Tak jarang para pemilik mencoba untuk melakukan pemasteran dengan menggunakan suara burung lain untuk melatihnya berkicau. Inilah yang menjadi karakteristik khas dari burung kacer yang dihargai sangat mahal ini. pemasteran ini sering kali dilakukan untuk melatih burung yang akan dilombakan ataupun dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah dan memiliki suara kicau yang bagus layaknya penyanyi justin beiber

Burung kacer ini bisa membuat sarangnya dimanapun ia mau. Burung jenis ini bisa membuat sarang di dahan pohon yang tak terlalu tinggi, semak-semak, pada rongga atau lubang pada pohon-pohon tua. Bentuk sarangnya sendiri biasanya terbuat dari rerumputan atau daun kering yang dikumpulkan hingga membentuk sarang yang seperti cawan. Telur burung kecer betina ini biasanya berjumlah 3-5 butir telur dan dierami oleh sang betina hingga semua telurnya menetas.

Burung kacer sendiri akan memasuki masa kawin pada bulan januari hingga Juni. Ketika masa kawinnya ini kacer jantan akan mencoba menarik perhatian kacer betina dengan cara bersiul dan menunjukkan sebuah nyanyian yang merdu. Selain itu kacer jantan juga akan menunjukkan tarian untuk bisa menarik perhatian para betina. Dengan cara ini kacen jantan pun akan mencoba terus menarik perhatian hingga sang betina luluh dan mau bersama dengannya.

Makanan utama burung kacer adalah serangga. Namun meraka juga sering memakan cacing atau juga buah-buahan. Tak hanya itu saja, burung kacer ini juga sangat menyukai madu untuk dikonsumsi. Untuk kacer yang dijadikan sebagai hewan peliharaan, anda bisa memberikan makanan tambahan berupa belalang, jangkrik, kroto, ulat, dan makanan khusus untuk burung kacer yang dibuat secara instan. Makanan adalah sangat penting untuk burung ini.

Cara Merawat Burung Kacer

Cara Merawat Burung Kacer
ilustrasi (photo: pixabay.com)

Burung kacer merupakan salah satu jenis burung yang mudah untuk dirawat dan tidak terlalu rumit perawatannya. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat burung dengan kicauan indah ini. hal oertama yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pendekatan pada burung ini untuk membuatya menjadi lebih jinak dan terbiasa ketika berada di dekat manusia. Anda harus tetap menjaga kondisinya agar tidak tegang dan menjaganya untuk selalu tenang. Waktu yang dibutuhkan untuk kedorong burung ini dalam sangkarny adalah satu hari penuh dan jangan lupa untuk menggantungkannya di tempat yang sepi agar ia merasa tenang.

Meski dalam keadaan seperti itu jangan lupa untuk selalu memperhatikan makanan dan minuman burung agar nutrisi hariannya tetap terjaga dengan baik. Persediaan pakan dan minum burung kacer ini harus selalu tersedia karena jika sampai kehabisan maka akan mengganggu kondisinya. Di pagi hari anda bisa mulai membuka kerodong dengan pelan-pelan agar tidak membuatnya takut. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan terapi pada kecer agar dia merasa lapar. Terapi yang satu ini bisa dilakukan ketika burung sedang dalam kondisi ngiver. Anda bisa meletakkan sangakr di dekat anda kemudian mulai lepas tempat makan dan minumnya.

Anda bisa memandikan burung kecer ini secara rutin. Caranya adalah dengan menyemprotkan air hingga burung menjadi basah kuyup. Kemudian jemur hingga bulunya kembali kering. Lakukan hal ini 2 atau 3 kali dalam satu minggu. Cara merawat burung kecer ini sangatlah mudah. Yang harus benar-benar diperhatikan adalah makanan yang diberikan serta jangan sampai airnya kering. Karena mereka membutuhkan asupan carian yang banyak. Selain itu anda juga bisa Download Suara Kacer untuk bisa mengetahui suara kicauannya yang indah.

Karakteristik dan Cara Merawat Burung Kidung Kacer

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *