Jepang adalah negara yang unik serta kharismatik. Di negara jepang ada berbagai macam kebudayaan yang menarik yang membuat seseorang ingin terus menelisik lebih dalam tentangnya. Jepang juga menjadi negara yang maju dari segi industri komunikasi, industri otomotif, industri kesehatan, industri perfilman dan masih ada banyak lagi yang lain.

Pada artikel kali ini kami akan mengajak kamu jalan-jalan melalui bacaan tentang ragam kebudayaan yang ada di negeri sakura, Jepang. Setidaknya kamu tahu dulu, baru nanti jika ada dana bisa berkunjung ke negeri tersebut. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang kebudayaan jepang yang kamu kutip dari Hidupsimpel.com di bawah ini.

1. Ikebana

Kebudayaan pertama dari negeri sakura jepang yang akan kami jelaskan adalah Ikebana. Ikebana merupakan kesenian merangkai bunga menjadi lebih indah. Di negara jepang sendiri, bunga menjadi hal yang paling istimewa dan berharga. Maka dari itu orang jepang memiliki budaya untuk merangkai bunga yaitu budaya Ikebana.

Awal mula budaya Ikebana ini adalah merangkai bunga secara sederhana dan di letakan pada altar utama. Namun, semakin berkembangnya zaman dan masyarakat jepang semakin kreatif dalam merangkai bunga sehingga rangkaian bunga tersebut terkesan rumit dan kompleks.

Budaya Ikebana ini terus di lestarikan sampai dengan sekarang. Hal ini di karenakan masyarakat jepang percaya bahwa di dalam bunga tak hanya seputar keindahan kelopak dan keharuman aroma. Di dalam bunga terdapat tuhan yang bersemayam di balik keindahannya. Itu yang di percayai oleh masyarakat jepang.

2. Tako

Kebudayaan jepang berikutnya yang mungkin belum kamu ketahui adalah Tako. Tako menjadi salah satu kebudayaan jepang yang unik dan menarik. Masyarakat jepang dari lintas usia akan berkumpul dalam satu tanah lapang yang sama dan menerbangkan layang-layang ke udara. Tako memang tidak setiap saat bisa kamu temukan ketika datang ke jepang.

Acara Tako hanya akan berlangsung ketika ada festival budaya di jepang. Yang menjadikan budaya Tako ini unik adalah melihat dari sisi desain. Layangan-layangan yang dibuat oleh orang jepang ini memiliki desain yang unik dan keren. Ketika acara Tako berlangsung, maka masyarakat jepang semuanya berkewajiban untuk datang ke tanah lapang tersebut.

pixabay.com

3. Geisha

Budaya jepang berikutnya yang unik dan menarik untuk di telisik adalah Geisha. Geisha sendiri merupakan seni atau hiburan tradisional dari negara jepang. Konon, kesenian Geisha ini pertama kali muncul pada abad ke 18. Kesenian Geisha biasanya sudah di latih semenjak masih anak-anak.

Biasanya di jepang terdapat rumah Geisha dan rumah Geisha tersebut akan mencari anak gadis yang tinggal dari keluarga miskin untuk kemudian mereka di latih dengan kesenian Geisha. Kesenian Geisha semakin zaman mulai di tinggalkan oleh orang jepang. Akan tetapi, masih ada beberapa orang atau golongan yang tetap mempertahankan kesenian Geisha ini.

4. Matsuri

Budaya jepang berikutnya adalah Matsuri. Bisa di bilang Matsuri merupakan sebuah festival budaya dari jepang yang menarik minat bagi masyarakat jepang sendiri dan juga orang asing yang sedang berlibur disana. Festival budaya Matsuri ini di selenggarakan pada musim panas. Festival budaya Matsuri ini ada kaitan erat dengan dua kuil di jepang yaitu kuil shito dan kuil budha.

Jika di tarik garis besarnya, sebenarnya festival budaya Matsuri ini merupakan ritual doa dan sesembahan kepercayaan masyarakat sekitar. Meski acara doa dan sembahyang, festival budaya Matsuri ini tak pernah sepi pengunjung ketika di selenggarakan. Hal ini di karenakan banyak pengunjung karena mereka datang hanya untuk menikmati acara Matsuri saja.

pixabay.com

5. Kabuki

Budaya jepang berikutnya yang menarik untuk kamu telisik adalah Kabuki. Kebudayaan yang satu ini merupakan seni teather yang memadukan antara seni tari dengan seni musik. Kesenian Kabuki ini sangat mewah dengan pemain yang di balut dengan make up fantastis dan panggung gemerlap. Selain itu, kostum yang dikenakan oleh pemain Kabuki juga terbilang mahal dan mentereng.

Cerita dari teater Kabuki yang berpadu dengan alunan musik dan tarian yang elegan membuat penonton yang menyaksikan acara Kabuki tersebut akan merasa puas. Kesenian Kabuki ini selalu di tunggu-tunggu oleh masyarakat jepang karena memang layak untuk di pertontonkan.

6. Origami

Budaya jepang berikutnya yang menarik untuk kamu ketahui adalah Origami. Budaya Origami tersebut bisa dibilang menjadi salah satu yang paling terkenal di seluruh dunia. Kesenian melipat kertas atau Origami ini banyak di ajarkan kepada anak-anak agar melatih kecerdasan dari sang anak.

Karena budaya yang satu ini paling di kenal oleh seluruh dunia, tak jarang banyak turis datang ke jepang untuk mempelajari kesenian Origami tersebut. Hal yang menarik dari Origami adalah dari selembar kertas kita bisa melipat menjadi berbagai macam bentuk yang rumit sekalipun.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa kebudayaan yang ada di negara jepang. Sebenarnya selain enam budaya diatas masih ada banyak lagi kebudayaan yang lain. Semua budaya yang ada di jepang memiliki karakteristik tersendiri dan menarik minat untuk di ketahui. Sekian dan terima kasih.

6 Kebudayaan Jepang Yang Unik dan Menarik

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *