Coklat mermaid merupakan jajanan anak rasa coklat yang mana menggunakan gambar mermaid pada kemasannya. Belakangan masyarakat Indonesia sempat digemparkan oleh berita meninggalnya seorang anak di Pekalongan setelah memakan coklat mermaid.

Dengan rasa coklat serta gambar mermaid dikemasannya jajanan ini sangat menarik bagi anak – anak sekolah terutama anak perempuan. Dengan uang Rp.500,- sudah cukup untuk membeli jajanan coklat mermaid ini, namun naas di Pekalongan, Jawa Tengah 2 anak diduga mengalami keracunan setelah mengonsumsi jajanan coklat mermaid. Seorang anak meninggal dunia, dan anak lainnya masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

Kandungan Zat Di Dalam Coklat Mermaid

setelah berita meninggalnya seorang anak setelah mengonsumsi jajanan coklat mermaid, pemerintah daerah langsung menyelidiki kasus ini melalui perwakilan Dinkes Kota Pekalongan. Dengan membawa sample jajan coklat mermaid ke laboratorium untuk pemeriksaan kandungan yang ada didalam jajanan coklat mermaid tersebut.

Namun hasil tes laboratorium tak menemukan kandungan zat berbahaya dalam jajanan coklat mermaid tersebut. Namun BBPOM Semarang menyimpulkan bahwa jajanan coklat mermaid tersebut tidak memiliki izin edar, serta tidak mencantumkan tanggal kadaluarsa pada kemasannya.

Setelah dilakukan berbagai pemeriksaan, ternyata produsen jajanan coklat mermaid itu merupakan produksi Industri Rumah Tangga Pangan ( IRTP ) yang berlokasi di Tangerang, Banten. Dan ternyata memang benar setelah dilakukan pemeriksaan surat izin edarnya sudah tidak berlaku lagi alias kadaluwarsa.

Saksi Kejadian

Menurut pemilik warung yang menjual jajanan coklat mermaid, dia baru sekali membeli jajanan coklat mermaid. Sehingga pemilik warung hanya membeli sedikit saja yaitu 1 renteng dengan isi 10 bungkus. Menurut penuturannya selain kedua korban ada juga anak lain yang membeli jajanan coklat mermaid tersebut, namun hanya kedua korban yang mengalami keracunan setelah mengonsumsi jajanan mermaid.

Sebagai orang tua sebaiknya kita selalu mengawasi apa yang dimakan anak kita, karena banyak jajanan tidak sehat yang dijual secara bebas dluar sana. Lebih baik kita membuat sendiri jajanan untuk anak kita, selain bahan – bahan yang bisa kita kontrol sendiri , gizi dalam jajanan pun dapat kita atur agar anak menjadi sehat.

Kandungan Zat di Dalam Coklat Mermaid

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *