Kacer ngobra merupakan impian dari setiap penggemar kacer. Kondisi ini memungkinkan burung tampil lebih sempurna. Bahkan, bisa menjadi yang terbaik manakala dilombakan.

Masalahnya, sebagian kacer bisa saja terpengaruh keadaan sehingga membuatnya tidak bisa ngobra. Yang paling parah ialah kacer tidak berani menunjukkannya sama sekali meskipun sudah dipancing beberapa kali.

Tentu, kondisi seperti ini ada pemicunya. Selain itu, tetap ada solusinya untuk membuatnya lebih ngobra. Kuncinya ada pada perawatannya.

Nah, bagaimana cara merawatnya agar kacer bisa ngobra lebih cepat? Mari simak informasinya setelah memahami istilah ngobra itu di bawah ini.

Pengertian Dari Ngobra

Istilah ngobra ini hanya melekat pada burung kacer. Istilah ini dipahami sebagai prilaku buka ekor. Artinya, ekornya akan terbuka lebar, bukan hanya naik turun saja.

Ngobra ini juga dibarengi dengan mengembangkan sayapnya agak lebar. Kemudian kepalanya bisa tegak ke atas dan ke bawah.

Ini merupakan prilaku dimana kacer sedang bersemangat dan ingin menunjukkan kemampuan bertarungnya. Sebagai bagian dari kelebihan utamanya, kicauannya akan dimunculkan pada proses tersebut.

Kacer akan berkicau lebih gacor, dan tiap waktu akan berkicau tanpa henti. Variasi kicauannya akan ditunjukkan dengan nyanyian khas yang sudah dikuasai sebelumnya. Dan ini bisa membuat pesaingnya jatuh mental.

rgbstock.com

Penyebab Kacer Tidak Mau Ngobra

Penggemar kacer selalu berharap bahwa peliharaannya bisa ngobra. Namun apa mau dikata, terkadang kacer tidak menunjukkannya. Malahan, kesannya mbagong sehingga membuat pemeliharanya begitu kecewa.

Jika ditelusuri lebih dalam, ada hal yang menyebabkan kacer tidak mau ngobra. Diantara penyebabnya adalah sebagai berikut ini.

  1. Mental Bertarungnya Jatuh

Penyebab utamanya ialah mental bertarungnya yang kurang baik. Ketika dilombakan dan melihat kacer yang jauh lebih unggul, kacer ini akan diam. Kacer hanya memperlihatkan prilakunya yang naik turun dari satu tangkringan ke tangkringan lainnya.

  1. Belum Mapan Usianya

Usia burung juga mempengaruhi berbagai hal. Usia burung yang muda biasanya masih belum kuat untuk menunjukkan kebolehannya. Sederhananya, kualitasnya masih harus ditingkatkan kembali.

Sebaliknya kacer yang sudah tua biasanya memiliki jam terbang tinggi. Pengalamannya yang akan menjawab semuanya. Biasanya, kacer yang sudah berumur ini akan langsung ngobra, sementara kacer muda lebih banyak menunggu.

Masalahnya, kadang kacer muda akan jatuh mental terlebih dahulu setelah mendengar kemampuan kacer tua. Akhirnya, kacer tidak mau ngobra.

Tapi bila mentalnya tidak jatuh, kacer muda akan segera menyahutinya. Tentunya, ini menjadi penanda bahwa burung tersebut memiliki keberanian untuk menyaingi kacer tua.

  1. Nafsu Yang Tidak Stabil

Kacer yang memasuki masa birahi biasanya akan langsung menunjukkan kekhasan ngobranya. Hanya saja, ini bisa terbatasi lantaran nafsunya tidak stabil.

Contohnya bila nafsunya lebih rendah ataupun terlalu over. Kemungkinannya ialah kacer malah akan mbagong dan terlihat stress. Tak ayal jika kondisi ini akan membuat pemeliharanya ingin menukarkannya dengan peliharaan baru.

pickupimage.com

Perawatan Kacer Agar Ngobra Lebih Cepat

Kacer merupakan jenis burung bertipikal petarung. Ketika tipikalnya ini muncul, Anda akan melihat kacer ngobra dengan cepat. Tetapi harus dipahami bahwa ada hal yang menyebabkan kondisi ini tidak terjadi sebagaimana yang dijelaskan di atas.

Untuk menangani kondisi tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Cara paling mudah ialah menempatkannya ke dalam sangkar yang diisi dengan burung betina.

Penempatan kacer jantan dan betina dimaksudkan sebagai pancingan untuk menunjukkan kualitasnya di hadapan betina. Tentu, kualitas yang bisa menarik perhatian adalah suaranya yang khas. Dan suara khas ini yang tanpa putus akan dibarengi dengan prilaku ngobra.

Yang perlu dipahami sedari awal ialah jangan menempatkannya terlalu lama. Dikhawatirkan jika kacer jantan malah akan menyakiti si betina. Pasalnya, kacer termasuk petarung yang suka mempertahankan wilayah utamanya.

Selain cara tersebut, Anda juga perlu mengimbanginya dengan perawatan harian. Perawatan ini meliputi pemberian pakan, penjemuran, pemandian, pengembunan serta pemasteran.

Pemberian pakan ditujukan untuk meningkatkan nafsunya. Pakan yang bagus untuk memotivasi kacer agar ngobra adalah kroto, ulat hongkong dan protein hewani lainnya. Yang penting, sesuaikan dengan birahinya.

Sementara itu, lakukan pengembunan di tiap paginya. Setelah pengembunan, Anda disarankan untuk tidak memandikannya. Memandikannya hanya dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Sedangkan untuk penjemurannya merupakan kegiatan wajib di tiap hari. Penjemuran yang pas dilakukan pada pukul 7-9 pagi. Durasinya sekitar 30 menitan saja.

Langkah terakhirnya ialah melakukan pengisian suara. Lakukan pemasteran agar variasi suaranya lebih banyak. Dengan begitu, kacer bakalan lebih percaya diri ketika disandingkan dengan kacer lainnya. Itulah beberapa hal yang bisa ditempuh untuk membuat kacer ngobra.

Tips Berguna Untuk Membuat Kacer Ngobra Lebih Cepat

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *