Dalam beberapa tahun terakhir pemerintah Indonesia gencar melakukan pembangunan skala nasional. Hal ini salah satunya untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat. Salah satu dampak baik terhadap pembangunan tersebut ialah mahasiswa jurusan Manajemen. Karena perusahaan ataupun investor sering mencari tenaga kerja di bidang jurusan ini. Tetapi sebelum anda masuk pada perguruan tinggi favorit negeri. Ada beberapa tahap seleksi yang wajib ditempuh.

Salah satu cara untuk menghadapi seleksi tersebut ialah dengan mengerjakan soal SBMPTN soshum ataupun saintek, Cara tersebut dirasa cukup efektif karena melihat dan menjadi acuan tolak ukur seberapa siap anda dalam meraih kesuksesan. Jika anda telah diterima pada Universitas tertentu ada beberapa macam jurusan terkait hal ini. Seperti di bidang bisnis, anda harus fokus dan belajar manajemen di dunia bisnis.

Rata-rata mahasiswa yang mengambil jurusan tersebut memiliki fashion di bidang entrepreneur ataupun bisnis. Lulusan dari jurusan tersebut juga berpeluang untuk menjadi konsultan bisnis di perusahaan besar. Selanjutnya ada di bidang pemasaran atau marketing. Nantinya para alumni bisa berkecimpung di dunia staf marketing pada perusahaan makanan ataupun perusahaan konstruksi. Lulusan atau alumni jurusan tersebut sangat dibutuhkan khususnya terkait bidang pembangunan yang gencar dilakukan oleh pemerintah.

Selanjutnya di bidang keuangan, nantinya setiap mahasiswa diberikan kompetensi terkait pengaturan keuangan yang baik sehingga neraca keuangan pada perusahaan terkendali. Jenis lain yang tidak kalah bergengsi ialah manajemen bidang sumber daya manusia. Jurusan tersebut merupakan salah satu jurusan yang cukup fenomenal karena nantinya bisa menjadi seorang HRD atau bagian analisis kepegawaian. Itulah beberapa macam jurusan yang wajib Anda ketahui saat masuk dunia kuliah.

Jika anda masih ragu atau mencari banyak referensi langsung datang pada situs edutore.com. Situs tersebut akan memberikan banyak wawasan terkait dunia pendidikan ataupun fresh graduate. Selanjutnya pada artikel ini akan membahas terkait prospek kerja yang bisa didapatkan bagi alumni atau lulusan bidang manajemen.

pixabay.com

Prospek Gemilang Bagi Alumni Ilmu Manajemen

Bidang Ilmu Manajemen hampir mencakup semua lingkup dunia pekerjaan. Berikut beberapa potensi atau peluang yang bisa anda dapatkan ketika lulus dengan gelar sarjana ekonomi. Pertama, anda bisa menjadi tenaga pendidik atau dosen tetap. Seorang lulusan dari jurusan tersebut bisa menjadi tenaga pengajar, tetapi khusus di bidang dosen Anda wajib menempuh minimal magister ataupun bergelar doktor. Gaji yang diperoleh ketika menjadi dosen tetap mencapai puluhan juta rupiah.

Selain itu Anda juga menjadi ahli pada bidang tersebut akan diundang pada beberapa workshop atau seminar nasional. Cukup banyak bukan potensi yang bisa anda raih ketika menjadi tenaga pendidik? Kedua, seorang lulusan sarjana ekonomi bisa menjadi konsultan di bidang bisnis ataupun perbankan. Perusahaan internasional ataupun skala nasional banyak menggunakan konsultan bisnis, hal tersebut untuk membantu perkembangan sebuah perusahaan agar bisa bersaing di pasar modal dunia.

Di bidang perbankan sendiri lulusan sarjana ekonomi bisa menjadi seorang bankir yang sukses. Gaji untuk pekerjaan di bidang ini mampu mencapai 15 hingga 25 Juta Rupiah. Ketiga, lulusan pada jurusan ini berpotensi bekerja pada bidang manajer sumber daya manusia ataupun bagian keuangan. Sudah saya singgung pada artikel di atas untuk meraih pekerjaan di bidang ini anda wajib mengetahui wawasan secara menyeluruh terkait sumber daya manusia ataupun bidang keuangan.

Bentuk ketika mempelajari ilmu manajemen nantinya berhubungan dengan perusahaan. Banyak sekali pemuda milenial yang memiliki manset sebagai entrepreneur. Jika lulus dari jurusan tersebut tentu sedikit di depan karena mengetahui secara teori terkait dunia entrepreneur. Meskipun tidak menerima gaji tapi nantinya Anda berpotensi untuk memiliki banyak karyawan dan mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia.

Banyak sekali bisnisman berlatar belakang ilmu ekonomi khususnya di bidang manajemen. Sebut saja seperti Choirul Tanjung, Luhut Binsar Panjaitan, ataupun Sandiaga Uno. Apakah anda tertarik untuk menjadi pengusaha? Tentu jurusan ini bisa mengakomodir semua keinginan yang anda miliki. Tidak hanya itu pada artikel kali ini juga akan membahas terkait meningkatkan keahlian di bidang dunia kerja.

pexels.com

Beberapa Keahlian Dan Pengetahuan Dalam Dunia Kerja

Salah satu tujuan menempuh kuliah Selain mencari pengetahuan dan ilmu tentu menjadi bekal untuk mencari kerja. Tidak bisa dipungkiri ada beberapa keahlian ataupun pengetahuan yang wajib Anda pahami. Misalnya kemampuan mengatur manusia, hal ini bisa anda raih ketika menempuh mata kuliah sumber daya manusia. Selanjutnya Anda juga diwajibkan untuk memiliki kemampuan mengelola keuangan secara baik.

Jika anda memiliki analisis yang kuat tentu sangat mudah untuk melakukan audit keuangan terhadap perusahaan besar sekalipun. Di era milenial seperti ini Pemuda diwajibkan untuk memiliki Inovasi Atau kreativitas di bidang apapun. Jika anda merupakan alumni jurusan Manajemen maka memiliki basic atau dasar yang baik di bidang entrepreneur.

Nantinya ilmu yang anda dapatkan bisa diaplikasikan pada dunia kerja atau dunia bisnis. Jangan lupa untuk meningkatkan kemampuan di bidang manajerial, meningkatkan kemampuan bersosialisasi atau memiliki sikap kepemimpinan yang baik. Semoga informasi tersebut bisa menambah pemahaman serta pengetahuan bagi para calon mahasiswa yang siap bekerja.

Daftar Jurusan Yang Bisa Anda Ambil Ketika Mengambilan Manajemen

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *