ISO 29990:2010 harus dimiliki oleh organisasi yang mengadakan sekolah atau pelatihan non formal. Dengan sertifikat internasional ini, sekolah/organisasi tersebut memiliki pedoman dan panduan yang benar tentang bagaimana menjalankan sekolah/organisasi dengan baik.

Dewasa ini pendidikan memang telah dianggap sebagai layanan yang mau tidak mau memang berorientasi bisnis. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini untuk semakin mengetahi tentang Standar ISO 29990:2010

ISO 29990:2010 Jaminan Sekolah Non Formal

pixabay.com

Implementasi ISO 29990:2010 memang menjadi sebuah kewajiban bagi organiasasi yang memberikan layanan pendidikan dan pelatihan non formal. Karena dengan memiliki sertifikat ini berarti menandakan bahwa lembaga tersebut sangat kredibel dan layak mendapatkan kepercayaan dari klien.

Selain itu dengan mengimplementasikan standar internasional ini berarti organisasi tersebut setidaknya menggunakan aturan/standar yang berlaku di seluruh dunia. Tidak ada yang lebih baik bagi seorang klien selain menyadari bahwa standar/aturan yang digunakan dalam lembaga pendidikan non formal tersebut bertaraf global.

Jadi bisa dibilang implementasi ISO 29990:2010 juga bisa dijadikan promosi yang efektif. Dengan mengimplementasikan standar internasional ini berarti bisa menambah nilai dan brand dari organisasi yang menyediakan layanan pendidikan dan pelatihan non formal. Jadi pelanggan semakin percaya yang juga bisa menyeret calon pelanggan potensial lainnya.

Kenapa segala hal tentang ISO 29990:2010 penting adanya? Karena sedikit banyak pengetahuan merupakan salah satu faktor kunci dalam manajemen perusahaan yang sukses. Untuk melakukan sesuatu dengan tepat, maka dibutuhkan pengetahuan yang cukup mengenai sesuatu tersebut. Jadi dengan berbekal pengetahuan/skill yang mumpuni, apapun bisa dilakukan dengan sukses.

Jadi tidak mengherankan bahwa sekarang ini pendidikan non formal telah dianggap sebagai layanan yang berorientasi dengan bisnis. Oleh karena itu ISO 29990:2010 ini digodok dan diterbitkan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitasnya di layanan pendidikan non formal secara global. Contohnya saja pelatihan kejuruan, pelatihan perusahaan, belajar seumur hidup dan masih banyak lagi lainnya.

Organisasi yang memegang sertifikat standar internasional ini berarti memiliki kepastian bahwa organisasi tersebut adalah profesional dan dapat dipercaya. Karena sertifikat internasional ini berisi tentang dokumen yang memastikan bahwa desain, pengembangan dan pengiriman belajar sudah sesuai dengan standar internasional.

Jadi semua hal yang berkaitan dengan teknis dan tata cara mengelola pendidikan dan pelatihan non formal telah diatur sedemikian rupa. Pelanggan juga tidak perlu khawatir tentang hasil akhir nantinya karena hasil akhirnya pun sudah ditetapkan yaitu mencetak peserta didik/pelatihan yang kompeten sesuai bidangnya.

ISO 29990:2010 juga bisa berguna untuk meningkatkan transparansi, yang mana merupakan hal yang penting. Maksudnya standar internasional ini memberikan transparansi tentang organisasi yang menggunakan standar ini. Hal ini terkait dengan berbagai macam layanan yang ditawarkan dan manajemen standar yang sekarang merambah di bidang pendidikan non formal.

Manfaat ISO 29990:2010

pixabay.com

Program Pelatihan yang Sukses

Manfaat penerapan standar internasional ini pertama adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan non formal secara sistematis. Misalnya saja dengan memastikan dan menjamin bahwa program belajar bisa dilakukan dengan sukses.

Ya, dengan segala pedoman dan instruksi yang berada pada sertifikat tersebut, menjadikan pelaksanaan program pendidikan sukses. Hal ini penting, karena tidak ada yang lebih baik daripada program belajar yang bisa dilalui semua pihak dengan sukses.

Maksud sukses dalam hal ini adalah materi pendidikan non formal tersebut berkualitas dan bisa diterima dengan baik oleh peserta didik. Dengan begitu mereka juga akan mudah memahami segala hal tentang pendidikan dan pelatihan tersebut. Jadi apapun yang mereka lakukan di masa depan akan mendatangkan kesuksesan.

Meningkatkan Daya Saing dan Transparansi

Implemantasi ISO 29990:2010 pada sebuah organisasi yang melayani pendidikan non formal juga bisa meningkatkan transparansi. Ini penting diketahui oleh klien karena mereka ingin tahu kualitas layanan bagaimana yang akan mereka dapatkan. Klien memang selalu mengharapkan keterbukaan apalagi jika mereka telah membayar dalam jumlah yang banyak.

Selain transparansi yang ditingkatkan, begitu juga dengan daya saingnya. Beberapa organisasi yang mengimplentasikan standar internasional ini, berarti mereka memiliki senjata ampuh yang sama. Oleh karena itu organisasi yang melayani pendidikan/pelatihan non formal harus memikirkan cara lain untuk memenangkan persaingan dengan sehat.

Demikianlah pembahasan tentang ISO 29990:2010 yang mana sangat bermanfaat. Yaitu untuk menjamin bahwa pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan sudah berstandar internasional dan layak mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Nah, untuk Anda yang ingin mendapatkan sertifkat ISO 29990:2010 ini atau berkonsultasi tentangnya maka bisa mendatangi Badan Sertifikasi ISO.

 

Sertifikat ISO 29990:2010 Jaminan Sekolah Non Formal

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *