merupakan sebuah benua yang cukup luas. Benua Asia dibagi menjadi beberapa wilayah salah satunya adalah Asia Tenggara atau yang disebut ASEAN. Wilayah Asia Tenggara bisa dikatakan sebagai wilayah yang terdiri dari beberapa negara yang secara geografis berbentuk kepulauan. Iya terdapat pulau-pulau yang dipisahkan oleh lautan antara satu dengan pulau lainnya. Dengan kondisi geografis yang demikian, maka mayoritas negara di wilayah Asia Tenggara memiliki lautan sebagai salah satu sumber ekonomi di negara tersebut.

Namun dibalik geografis wilayah Asia Tenggara yang terdiri dari kepulauan tersebut, terdapat satu negara yang tidak memiliki lautan sama sekali yakni Laos. Iya Laos bisa dikatakan sebagai negara yang terkurung di daratan Asia Tenggara karena berbatasan dengan Myanmar dan juga Tiongkok di sebelah barat laut, kemudian di bagian timur negara ini berbatasan dengan Vietnam, di selatan dengan Kamboja, dan di sebelah barat berbatasan dengan Thailand.

Letak Geografis Laos

Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki lautan. Pasalnya memang Laos berada ditengah-tengah natara negara Myanmar, Tiongkok, Thailand, Vietnam, dan Kamboja. Meskipun tidak memiliki lautan, setidaknya Laos masih memiliki lembah sungai Mekong yang menjadi salah satu sumber perairan di Laos.

Adanya sungai mekong membuat negara ini menghasilkan tanaman perkebunan yang cukup melimpah mulai dari padi, kopi, pisang, jagung dan tembakau. Selain itu wilayah laos juga memiliki beberapa tambang mineral mulai dari tembaga, emas, timah, dan perak. Wialayah Laos di dominasi oleh perbukitan dna juga pegunungan yang tertutup oleh hutan yang lebat sehingga negara ini juga menjadi salah satu penghasil kayu.

Perikanan di Negara Asia Tenggara yang Tidak Memiliki Lautan

Sebagai negara yang tidak memiliki lautan, tentunya Laos tidak banyak memiliki arti tentang perikanan. Namun meskipun tidak memiliki wilayah lautan, Laos masih memiliki sungai Mekong yang menjadi salah satu perairan di Laos. Adapun bebera[a jenis ikan yang ada di Laos seperti ikan perch dan ikan karper. Disini terdapat beberapa pusat penangkapan ikan yaitu Pakxan, Vientiane, Thakhet, dan sebagainya.

Ini Dia Negara Asia Tenggara yang Tidak Punya Laut

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *