Keputihan yang kerap kali dialami oleh seorang wanita sebenarnya merupakan hal yang normal. Keluarnya lendir pada area kewanitaan merupakan reaksi normal dan memiliki efek yang baik. Namun, jika keputihan ini terjadi secara terus-menerus atau bahkan dalam jumlah banyak tentunya perlu diwaspadai. Ada beberapa indikator yang bisa digunakan untuk membedakan apakah keputihan yang dialami merupakan hal normal atau tidak. Anda bisa mengeceknya dengan membandingkan tekstur, aroma serta warna cairan yang keluar.

Hindari Keputihan dengan Cara Sederhana Ini

Cara agar tidak keputihan bisa dilakukan secara sederhana dan mudah. Beberapa kebiasaan ini jika dilakukan secara rutin bisa mencegah Anda dari keputihan. Pertama, pastikan bahwa Anda selalu menjaga kebersihan dari vagina. Jika selesai melakukan buang air baik besar atau kecil jangan lupa untuk membersihkan dengan telaten area kemaluan. Anda bisa membasuhnya dengan menggunakan air hangat dengan cara menyuam menggunakan kuku dari bagian depan ke belakang. Hal ini untuk menghindari bakteri yang ada pada anus berpindah ke vagina.

Jangan lupa juga untuk selalu mengganti celana dalam dengan frekuensi minimal dua kali sehari. Celana dalam berpotensi besar untuk menjadi sarang jamur yang menyebabkan keputihan. Aktivitas sepanjang hari tentunya membuat Anda menjadi berkeringat yang dapat menyebabkan celana dalam menjadi lembab. Oleh karena itu, jika kondisi sudah agak lembab, segera ganti dengan yang baru. Ketika membeli celana dalam sangat disarankan untuk membeli yang berbahan dasar mudah menyerap keringat.

Jangan Termakan dengan Iklan Sabun Pembersih Vagina

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah keputihan adalah dengan menghindari penggunaan sabun pembersih khusus vagina. Tahukah Anda bahwa sabun yang dijual di pasaran dengan tag line membersihkan vagina ternyata justru berisijo menyebabkan keputihan? Hal ini karena pH yang terdapat di area kewanitaan ternyata bisa terganggu akibat dari sifat sabun yang basa.

Penggunaan douche ini juga rentan menyebabkan adanya iritasi. Selain itu, kandungan parfum, atau zat kimia lain juga sangat membahayakan. Lebih baik gunakan saja air mengalir untuk membersihkannya karena dijamin lebih aman.

 

Hindari Keputihan dengan Melakukan Hal Ini

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *