Kini hijab bukan hanya kain berbentuk persegi yang kemudian ditempelkan ke kepala untuk menutup aurat. Hijab menjadi bagian dari fashion yang tidak bisa lepas begitu saja dari kehidupan sehari hari. Wajar jika hijab terus mengalami perkembangan baik dari segi model hingga cara pemakaiannya. Hijab pashmina saat ini juga memiliki pengemar sendiri yang tak kalah dengan lainnya. Bagi anda yang menyukai hijab satu ini bisa simak ulasan mengenai cara memilih hijab model pashmina yang baik.

Tips Memilih Pashmina Yang Harus Anda Yang Tahu

Pashmina merupakan pelengkap fashion perempuan yang berbentuk layaknya selendang. Istilah pashmina berasal dari bahasa Persia pashmineh yang berarti terbuat dari wol karena memang dulunya hijab ini dibuat dari bahan wol. Pashmina berbahan wol bisa dkatakan menjadi pashmina yang terbaik dan mewah. Namun kini sudah banyak bahan lain yang dijadikan sebagai pashmina sehingga harus diperhatikan memilihnya, simak tipsnya berikut.

unsplash.com

Mengenali Bahan Pashmina

Sebelum anda membeli pashima sebaiknya anda mengenali jenis jenis bahan yang digunakan dalam membuat pashmina. Tak semua pashmina berbahan wol 100%, ada juga yang merupakan campuran dari bahan yang lain. Apalagi jika anda termasuk orang yang sangat mengandalkan kualitas, tentu bahan menjadi pertimbangan yang utama. Karena selain wol masih banyak bahan bagus yang bisa anda pertimbangkan untuk hijab pashmina anda.

Menjadi ratunya kain, kain sutra juga sangat baik untuk dijadikan pashmina. Bahan ini sangat diminati karena memiliki keunggulan seperti kemampuan menyerapnya yang baik. Sehingga bisa digunakan di daerah yang memiliki suhu panas. Mengunakan pashmina berbahan sutra akan mendukung penampilan anda karena bahan satu ini berkilau seperti mutiara dan mampu melindungi kulit dari sinar UV.

Kain rayon merupakan salah satu kain yang masuk dalam jajaran kain istimewa karena kain ini tidak masuk dalam golongan kain serat alami atau sintesis. Umumnya kain ini banyak digunakan untuk mengantikan bahan sutra dan memenuhi kebutuhan serat kapas yang dalam produksinya terbatas. Kain ini juga bisa menjadi bahan untuk digunakan dalam jilbab pashmina dan tentunya nyaman saat digunakan.

Selain kedua kain tersebut, kain chiffon, ceruti, satin , policotton atau rawis juga bisa digunakan untuk hijab pashmina. Semua bahan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun semua kembali pada selera anda menginginkan bahan yang seperti apa. Beberapa kain seperti linen sangat cocok digunakan di segala cuaca karena mampu menghangatkan di musim dingin namun juga sejuk pada saat musim panas.

pexels.com

Ukuran Pashmina Sesuai Kebutuhan

Tak hanya harus mengetahui bahan yang digunakan, anda juga harus mengetahui ukuran pashmina yang anda inginkan. Pashmina memiliki beberapa ukuran berbeda yang bisa anda jadikan pertimbangan. Ukuran yang tidak sesuai tentu akan membuat anda kecewa. Sehingga penting untuk melihat ukuran sebelum anda membeli pashmina. Pastikan ukurannya sudah sesuai dengan tinggi badan yang anda miliki agar lebih mudah digunakan.

Untuk anda yang memiliki tinggi badan sekitar 150 cm, anda bisa mengunakan pashmina yang memiliki ukuran sekitar 200 x 75 cm. Sementara untuk anda yang tinggi badannya di atas 150 cm, anda bisa mengunakan ukuran yang lebih lebar yaitu 200 x 90 cm. Jika tinggi anda sangat tinggi ukuran 124×250 cm akan sangat cocok bagi anda. Anda bisa menanyakan ukuran ini pada pembelinya terlebih dahulu sebelum membeli hijab pashmina yang diidamkan.

Model dan Motif

Di Indonesia, pashmina dijual dengan beragam motif dan juga beragam model. Sehingga anda bisa dengan mudah menyesuaikan dengan pakaian yang anda miliki. Karena beberapa diantaranya juga memiliki motif atau hiasan untuk mendukung gaya berpakaian anda. Kini pashmina juga hadir dengan model instan yang akan membuat anda semakin mudah dan praktis. Tidak semua perempuan menyukai pashmina karena dianggap ribet.

Pashmina instant bisa menjadi pilihan bagi anda yang tidak suka ribet. Pemakainnya sangat mudah dan tidak perlu mengunakan banyak jarum pentul. Anda hanya tinggal memilih model yang anda inginkan. Tampilannya yang dihasilkan oleh pashmina instant tidak jauh berbeda dengan pashmina lembaran yang biasanya digunakan. Namun semua kembali kepada masing masing pengunanya menyukai yang instan atau yang biasa berupa lembaran.

pexels.com

Warna Pashmina

Tidak hanya french khimar yang begitu masuk Indonesia memiliki beragam warna, pashmina juga demikian. Sehingga penting bagi anda untuk berhati hati dalam memilih warna karena, jika salah akan membuat penampilan anda berantakan. Sebaiknya anda memilih warna yang sesuai dengan baju yang anda kenakan. Tidak hanya itu, pastikan anda juga memilih hijab pashmina yang sesuai dengan warna kulit yang anda miliki agar tak telihat pucat atau kusam.

Sama  seperti french khimar yang diadopsi dari gaya berhijab di luar negeri, pashmina di Indonesia hadir lebih beragam. Sehingga anda harus pandai memilih agar tidak membuat anda kecewa. Untuk mendapatkan satu pashmina dengan kualitas yang baik tentunya anda membutuhkan budget yang lumayan. Karena kaulitas bahan sangat mempengaruhi harga yang ditawarkan untuk pashmina. Namun bukan berarti harga murah kualitasnya juga murahan.

 

Agar Tidak Salah Pilih, Sudah Tahu Tips Memilih Hijab Pashmina?

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *