Ingin merawat anak kucing persia sebagai peliharaan? Jika begitu, Anda mungkin akan menemui beberapa kesulitan. Sebab anakan kucing jenis ini membutuhkan perhatian khusus untuk perawatannya. Perawatan ini tentu juga berbeda dengan indukan persia dan tidak semudah anak kucing kampung. Namun terlepas dari itu, tingkah polah anak kucing jenis persia memang sangat lucu dan menggemaskan.

Cara Merawat Anak Kucing Persia

Seperti yang telah dikatakan, anakan kucing jenis ini harus diberikan perhatian khusus. Di mana ada cara-cara tersendiri dalam merawat anak kucing tersebut. Nah, bagaimana caranya? Berikut beberapa cara untuk merawat anak kucing persia:

  1. Jaga Kesehatan Induk Kucing

Jika anak kucing masih ada induk dan belum disapih, maka Anda harus menjaga kesehatan induknya terlebih dahulu. Sebab anak kucing yang umurnya di bawah 3 bulan masih menyusu pada induknya sehingga di khawatirkan jika induknya sakit, anaknya bisa juga terkena.

  1. Berikan Asupan Bergizi

Ketika sudah tidak lagi mengandalkan air susu induknya, Anda harus memberi anak kucing asupan yang baik dan bergizi seperti susu formula dan makanan khusus anak kucing serta air mineral. Susu dan makanan ini bisa Anda dapatkan di petshop atau minta rekomendasi dari dokter hewan. Sebagai catatan, jangan berikan susu sapi pada anak kucing karena dapat menyebabkan mencret.

  1. Sediakan Tempat Tinggal Yang Nyaman

Tempat tinggal anak kucing harus nyaman dan selalu dijaga kebersihannya agar tidak membahayakan kesehatan kucing. Selain itu tempatnya juga harus hangat dan cukup luas untuk anak kucing bergerak. Anda bisa memberikan lampu dan perlengkapan seperti kain untuk melapisi lantainya agar anak kucing merasa hangat dan nyaman serta betah tinggal di dalamnya.

  1. Berikan Obat-Obatan dan Vaksin

Poin penting lainya dalam merawat anak kucing jenis persia adalah memberikan obat tertentu dan melakukan vaksinasi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh kucing dan mencegah penyakit tertentu. Untuk obat-obatan, yang paling sering diberikan dalam hal ini adalah obat cacing. Untuk pemberian obat ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Sementara untuk vaksin, kucing persia biasanya diberikan 3 jenis vaksin yakni vaksin tricat, vaksin tetracat dan vaksin rabies. Dan untuk pemberiannya akan lebih baik di bawa ke dokter hewan agar dilakukan sesuai aturan.

  1. Siapkan Fasilitas Pendukung

Beberapa fasilitas pendukung juga diperlukan untuk memberikan kenyamanan pada anak kucing. Cobalah untuk menyiapkan Litter Box untuk tempat pup dan gunakan pasir khusus yang dijual di Petshop. Jangan lupa juga gunakan lapisan seperti koran pada litter box sebagai alas sebelum menaruh pasir. Letakkan litter box di tempat yang mudah dijangkau dan selalu bersihkan secara teratur.

  1. Berikan Kasih Sayang

Selain perawatan secara fisik, Anda juga perlu memberikan kasih sayang agar anak kucing merasa nyaman tinggal di tempar baru dan mengenali Anda sebagai pemiliknya. Kasih sayang tersebut dapat berupa elusan pada tubuhnya ataupun dengan memberikan kalung bandul dan mainan khusus kucing lainnya.

Tips Memilih Anakan Kucing Persia Untuk Dipelihara

Tingkah laku anak kucing persia yang lucu dan menghibur memang seringkali menjadi alasan mengapa jenis kucing ini banyak dipelihara. Jika Anda juga ingin memeliharanya, pastikan Anda mendapatkan anak kucing yang bagus dan sehat. Untuk itu, perhatikan beberapa tips memilih kucing persia berikut ini:

  1. Pilih Kucing dari Orang Terpercaya

Sebaiknya adopsi kucing dari orang atau penjual terpercaya agar kualitas dan kesehatan kucing lebih terjamin serta indukannya lebih jelas. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa terjadi pada kucing nantinya yang disebabkan oleh faktor keturunan.

  1. Ketahui Umur Anak Kucing

Untuk memudahkan dalam pemeliharaan, akan lebih baik adopsi anak kucing yang sudah berusia 3 bulan ke atas. Karena pada usia ini kebanyakan anakan kucing sudah tidak lagi menyusu sehingga bisa lepas dari induknya.

  1. Perhatikan Kelincahan dan Kepribadian

Jika anak kucing aktif dan lincah maka dapat diartikan bahwa ia sehat dan dalam kondisi baik. Apalagi jika anak kucing berjenis kelamin jantan, ia akan cenderung lebih aktif dan sangat lincah. Selain itu perhatikan juga kepribadiannya, kucing jenis ini umumnya memiliki beberapa kepribadian seperti pemalas, penyayang, penurut, manja dan lain-lain.

  1. Perhatikan Fisik Anak Kucing

Dari segi fisik, pilihlah anak kucing yang tidak terlalu kurus, memiliki bulu lebat dan tidak rontok serta kuku kaki tidak panjang. Fisik kucing yang seperti ini menandakan bahwa anak kucing dalam kondisi baik. Perhatikan juga warna bulunya, sebaiknya pilihlah yang warnanya terang dan cantik.

Selain yang disebutkan di atas, pertimbangkan juga harga untuk anak kucing persia yang ingin dipelihara. Anda bisa melakukan nego untuk mendapatkan harga terbaik demi memiliki kucing pilihan Anda.

Cara Tepat Merawat Anak Kucing Persia Untuk Peliharaan

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *