Format file ada bermacam-macam. Ada JPG, PNG, DOCX, PDF, dan lainnya. Kadang ketika mengerjakan tugas atau makalah dalam format DOCX, ada kalanya guru atau dosen akan meminta format yang berbeda seperti PDF. Nah, bagaimana caranya? Yuk simak cara mengubah file JPG ke PDF!

Cara Mengubah File JPG ke PDF

Mengubah file atau converting file dari format JPG menjadi PDF bisa dilakukan secara online. Caranya adalah melalui situs-situs online tools yang tersedia di internet. Biasanya situs-situs tersebut gratis lho! Pada artikel kali ini, kita hanya akan membahas 3 situs yang dapat mengubah file JPG menjadi PDF.

Situs ini cepat dan mudah digunakan. Anda cukup drag dan drop file JPG ke toolbox yang tersedia kemudian akan langsung dirubah menjadi file PDF. Ada berbagai setting yang tersedia untuk menyesuaikan format dari output file. Selain itu, situs ini menjamin keamanan dokumen Anda dengan menggunakan SSL encryption untuk memastikan file Anda aman selama proses pengubahan. File Anda akan terhapus secara otomatis dalam 1 jam.

pxhere.com
  • Convert-JPG-to-PDF.net

Pada situs ini, Anda dapat mengubah file JPG menjadi PDF dalam beberapa detik secara gratis. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memilih file JPG yang akan diubah pada komputer kemudian klik tombol convert. Anda juga bisa mengubah ukuran file JPG, memilih ukuran halaman PDF dan marginnya. Situs ini juga tidak membatasi jumlah file JPG yang bisa di convert.

Di situs ini Anda dapat mengubah file JPG menjadi PDF, sekaligus menggabungkannya menjadi 1 file. Tidak ada batas ukuran file, tidak perlu membuat akun, dan pengubahan tanpa watermark. Online tool ini secara otomatis memutar, mengoptimasi dan menyesuaikan ukuran gambar, tetapi tetap mempertahankan resolusi aslinya. Interfacenya user friendly sehingga cocok bagi yang mungkin kurang memahami setting margin dan sebagainya.

pxhere.com

Mengubah File JPG ke PDF Lewat Windows

Untuk mengubah file JPG ke PDF, sebenarnya Anda tidak memerlukan akses internet. Ya, komputer dengan sistem operasi Windows memungkinkan Anda mengubah file JPG ke PDF lewat fitur print. Meskipun sedikit lebih ribet, namun cara ini bisa Anda gunakan ketika Anda tidak memiliki kuota internet. Nah Anda bisa menemukan langkah-langkahnya di bawah ini!

  1. Pertama, buka dulu file JPG di komputer dengan menggunakan Photo Viewer. Photo Viewer ini bisa Anda akses dengan mengklik tombol kanan pada mouse.
  2. Print the JPG
  3. Lalu di bagian atas dashboard Photo Viewer, klik ‘Print’.
  4. Setelah itu pada opsi printer pilih ‘Wondershare PDFelement’.
  5. Nah setelah itu PDFelement akan langsung mengubah file secara otomatis. Anda bisa menyimpannya atau mencetaknya.
pxhere.com

Mengubah File JPG ke PDF Lewat Ponsel

Selain lewat tool online, Anda ‘pun bisa memanfaatkan ponsel Anda untuk mengubah file PDF ke PDF. Ya, metode ini digunakan biasanya untuk menjaga kualitas gambar. Ketika seseorang mengirim gambar lewat aplikasi chatting seperti WhatsApp, maka resolusinya jadi berkurang.

Nah agar resolusi dan kualitasnya tetap terjaga, maka file JPG mesti dirubah dulu formatnya menjadi PDF. Pertanyaannya sekarang, bagaimana caranya mengubah file JPG ke PDF lewat ponsel? Jawabannya sangat simpel yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bisa Anda unduh di Playstore, berikut beberapa diantaranya!

  • CamScanner

Salah satu aplikasi terbaik untuk mengubah file JPG ke PDF yaitu CamScanner. Pada dasarnya fungsi utama aplikasi satu ini yaitu scanning file. Namun selain pemindaian, fitur lainnya yang ditawarkan aplikasi CamScanner ini yaitu konversi file. Nah aplikasi ini bisa memindai file-file JPG yang ada didalam ponsel, lalu mengkonversinya kedalam format berbeda. Jadi Anda tinggal membuka aplikasi CamScanner, buka file JPG yang ingin dijadikan PDF, lalu simpan dalam format PDF. Sangat simpel! Setelah itu, Anda ‘pun bisa langsung share file di media sosial seperti WhatsApp.

  • Image to PDF Converter

Aplikasi lain yang bisa Anda andalkan untuk merubah file JPG menjadi PDF yaitu Image to PDF Converter. Aplikasi keren satu ini dapat dengan mudah dan cepat merubah JPG menjadi PDF!

Nah, itulah cara mengubah file JPG menjadi PDF secara online. Tentunya setelah proses converting selesai, Anda dapat mengunduh hasilnya dan menyimpannya di komputer. Selain mengubah format file JPG, cara memperbesar ukuran file JPG online juga bisa dilakukan dengan beberapa cara di atas lho!

Cara Mengubah File JPG ke PDF

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *