Sebagai destinasi wisata, Riau memang tidak begitu terdengar dibandingkan kota lain seperti Padang, Palembang atau Medan. Padahal para traveller bisa menjelajah banyak tempat yang memiliki pesona yang mengagumkan. Terletak di pesisir Selat Malaka membuat Riau memiliki pantai pantai yang mempesona. Tapi ke Riau bukan hanya untuk liburan pantai, yuk intip tempat wisata di Riau yang wajib dikunjungi dalam ulasan berikut.

Destinasi Wisata Riau Yang Wajib Untuk Disambangi

  1. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Ketika ke Riau sempatkan untuk mengunjungi Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang kan membawa pada petualangan yang tak terlupakan. Menjadi daerah hutan tropis di daratan rendah membuat tempat ini memiliki ekosistem yang terbilang unik. Hijaunya perbukitan yang berpisah dari pegunungan membuatnya semakin mengagumkan. Tempat ini juga merupakan tangkapan air sehingga bisa menemui sungai sungai kecil yang cantik.

  1. Benteng Tujuh Lapis

Benteng Tujuh Lapis atau Benteng Aur Duri ini merupakan kubu pertahanan terakhir ketika jaman peperangan dahulu. Benteng ini menjadi saksi atas perlawanan serta semangat yang tidak pantang menyerah dalam melawan kolonial Belanda. Benteng ini berada di Desa Dalu Dalu, Kecamatan Tambusai. Tak hanya untuk jalan jalan namun tempat yang berjarak sekitar 252 km dari Pekanbaru ini juga menjadi saksi sejarah.

  1. Pantai Rupat Utara Tanjung Medang

Pantai satu ini merupakan tempat wisata di Riau yang wajib untuk kamu kunjungi. Hamparan pasir putih dengan birunya laut tentunya akan membuat betah dan menghilangkan penat. Pantai ini terletak di Kecamatan Rupat tepatnya di Pulau rupat. Untuk mencapai pantai ini bisa dari Dumai menggunakan transportasi laut. Di pantai ini para traveller bisa bersantai, berjemur hingga melakukan olahraga air.

  1. Air Terjun Aek Martua

Tidak hanya menikmati pantai, di Riau juga bisa bisa menikmati keindahan air terjun Aek Martua. Air terjun ini bertingkat sehingga sering dijuluki sebagai air terjun dengan seribu tangga. Menuju tempat ini harus melakukan perjalanan darat yang cukup panjang. Air terjun ini berada di Kecamatan Bangun Purba, Rokan Hulu.

  1. Danau Limbungan

Sebenarnya tempat ini adalah sebuah bendungan yang ditujukan untuk pengairan. Di kelilingi perbukitan membuatnya menjadi daya tarik wisata. Hingga akhirnya dikembangkan menjadi tempat wisata di Riau. Kini telah banyak fasilitas yang bisa dijajal mulai dari sepeda air hingga taman bermain. Danau Limbungan juga berada tidak jauh dari Pekanbaru tepatnya sekitar 10 km dari pusat kota.

Meskipun tidak menjadi destinasi liburan yang populer, namun Riau tetap rekomendasi sebagai kota untuk dijelajah. Wisata alamnya yang cantik dijamin akan membuat para traveller betah dan puas. Menikmati pantai, air terjun, hingga taman nasional hanya dalam satu kota bukankah menjadi hal yang menyenangkan sekaligus bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jadi sudah siap menjelajah Riau?

Berkunjung Ke Riau, Yuk Intip Tempat Wisata di Riau

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *