Mungkin sebagian dari anda masih ada yang asing dengan nama panel surya? Atau ada yang tidak mengetahui tentang apa itu panel surya? Wajar saja, karena memang panel surya belum terlalu familier untuk warga Indonesia pada umumnya.

Karena hampir 95% warga Indonesia masih menggunakan listrik produksi dari pembangkit listrik tenaga batu bara atau yang di kelola oleh PLN untuk kebutuhan umum seperti di rumah, di tempat usaha maupun di perkantoran.

Dengan seiring majunya jaman dan perkembangan teknologi yang semakin canggih maka semakin canggih pula alat-alat pendukung penunjang kehidupan manusia. Salah satu hal yang cukup maju saat ini adalah anda dapat menghasilkan listrik sendiri di rumah anda dengan memasang panel surya di atap rumah anda.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Karena panel surya mengubah energy panas cahaya matahari menjadi aliran listrik yang kita butuhkan. Kedengarannya sangat simple namun hal ini merupakan hal yang sangat luar biasa mengagumkan bukan?

unsplash.com

Mengapa menggunakan Panel Surya?

Indonesia merupakan Negara yang berada di kawasan lintas garis khatulistiwa yang membuat Negara kita ini menjadi Negara yang mempunyai iklim tropis dan menerima pancaran sinar matahari sepanjang tahun bahkan jika sedang musim hujan sekalipun.

Oleh karena itu cahaya panas matahari sangat melimpah di Negara Indonesia ini dan dapat anda temukan di semua sisi wilayah Indonesia dari ujung sabang hingga ujung merauke semuanya terkena pancaran sinar matahari yang aktif sepanjang tahun.

Karena sebab itulah maka salah satu cara memanfaatkan energy panas cahaya matahari adalah dengan menggunakannya menjadi energy listrik tenaga panas cahaya matahari atau tenaga surya. Energy listrik tenaga surya merupakan salah satu energi terbarukan yang sangat di rekomendasikan di dunia karena sangat ramah lingkungan dan membantu mengurangi global warming maupun perubahan iklim yang mengancam bumi ini.

Dengan menggunakan panel surya yang di pasang pada atap rumah anda maka anda dapat mengubah energy panas sinar matahari menjadi aliran listrik yang dapat anda alirkan untuk kebutuhan listrik di rumah anda.

Meskipun harga panel surya dan biaya pemasangannya cukup mahal namun sangat sepadan dengan keuntungan jangka panjang yang akan anda dapatkan, yaiu anda bisa menghemat tagihan listrik bulanan PLN anda hingga puluhan tahun bahkan hingga 30 tahun kedepan. Maka anda tak perlu khawatir merugi jika anda akan menggunakan panel surya sebagai pemasok listrik di rumah anda.

Cara memilih panel surya

Setelah anda yakin dan mantap akan menggunakan panel surya di rumah anda maka yang wajib perlu anda perhatikan adalah memilih panel surya yang akan anda pasang di rumah anda, alangkah baiknya jika anda mempelajari dulu seluk beluk panel surya, bahan yang dgunakan, kualitas, harga pasaran sekaligus harga instalasi dan berbagai hal lainnya. Untuk itu berikut beberapa hal yang dapat anda jadikan pertimbangan jika anda ingin memasang panel surya di rumah anda.

unsplash.com

Kualitas dari sebuah merk

Pastikan anda membeli panel surya dari merk yang sudah terjamin dan terkenal di seluruh dunia sehingga jika suatu saat terjadi masalah anda dapat dengan mudah menanyakan ke customer service yang resmi yang berada di Indonesia.

Karena sekarang ini banyak beredar di pasaran produk panel surya yang kualitasnya buruk dan dari merk yang tidak terkenal, meskipun harganya lebih murah namun tak menjamin keawetan serta kualitas barang tersebut. pastikan anda survey dulu dengan cara searching di internet maupun bertanya-tanya langsung ke beberapa toko penjual panel surya untuk membandingkan harga antara toko yang satu dengan toko yang lainnya.

Deteksi kerusakan atau cacat yang terjadi

Setelah itu anda wajib memeriksa setiap sisi dari panel surya sebelum anda membelinya karena jika terjadi suatu kerusakan atau cacat pada produk maka akan mengganggu kinerja panel surya sehingga menjadi tidak maksimal dan tidak menghasilkan listrik dengan seharusnya.

Perhatikan sel surya

Perhatikan secara seksama susunan sel surya jangan sampai ada sel surya yang terpotong atau rusak, bahkan pecah. Karena hal itu dapat mengganggu kinerja panel surya bahkan pada beberapa kasus hal itu dapat membuat panel surya mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga tidak bisa memerima cahaya matahari dan tidak bisa mengubahnya menjadi aliran listrik.

unsplash.com

Goresan di kaca

Meskipun terlihat sepele namun goresan di kaca panel surya merupakan hal yang cukup krusial dan tidak bisa di anggap remeh karena hal ini dapat menyebabkan degradasi pada outputnya atau lebih tepatnya dapat menyebabkan ketidakmampuan panel surya dalam menghasilkan listrik secara maksimal.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika anda ingin memebeli panel surya dan memasangnya di rumah anda sebagai pemasok listrik untuk kebutuhan rumah tangga anda, satu hal yang pasti jangan mudah percaya dengan iming-iming panel surya murah karena murah tidak jaminan barang tersebut awet dan tahan lama.

Semoga dengan adanya penjelasan tentang panel surya dan cara memilih panel surya terbaik dapat membantu Kalian mengetahui panel surya dengan lebih detail.

Apakah Panel Surya Itu? Dan Cara Memilih Panel Surya Terbaik

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *