Pernahkah Anda berpikir kira-kira fungsi dari akun Google yang Anda miliki itu apa? Apakah hanya sebatas email saja, ataukah akun ini sebenarnya memiliki fungsi yang lebih banyak lagi? Bukankah untuk menikmati fasilitas atau layanan dari Google tidak perlu membuat akun terlebih dahulu?

Memang benar, untuk bisa menikmati fitur Google, Anda tidak perlu membuat akun terlebih dahulu. Tapi sebenarnya tidak semua fitur Google bisa Anda nikmati. Berbeda jika Anda memiliki akun Google, semua layanan atau fitur dari Google bisa dengan bebas Anda nikmati.

Sebenarnya sama saja dengan penggunaan paket internet. Saat ini ada beberapa operator seluler yang membagi-bagi paket internetnya. Ada paket internet malam, ada paket internet siang, ada paket internet unlimited, ada paket internet khusus untuk menonton film maupun serial TV seperti halnya Videomax, dan lain sebagainya.

Begitupun juga dengan layanan-layanan yang ada di Google. Meskipun tanpa akun pun Anda masih bisa menikmatinya, tapi jika memiliki akun Google, semua layanan Google bisa Anda nikmati tanpa adanya batasan.

Manfaat Memiliki Google Account

pexels.com

Salah satu kelebihan jika memiliki Google Account adalah bisa menikmati semua layanan Google gratis tanpa dipungut biaya, misalnya saja seperti:

  1. Memiliki email dari Google.
  2. Lebih mudah untuk mendaftar ke produk Google lainnya seperti Google Plus, Youtube, Blogger, Google Play Store, Google Music Play, Google Map, OK Google, Google Analytics, Google Adsense, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  3. Bisa sangat berguna untuk kebutuhan smartphone, seperti halnya membackup data penting. Bahkan Google Account ini menjadi syarat utama untuk bisa menggunakan smartphone berbasis Android. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Artinya dengan memiliki Google Account ini, semua fitur dan layanan dari Google bisa Anda nikmati secara gratis dan lebih mudah lagi.

Cara Membuat Google Account

Pada dasarnya, membuat Google Account adalah perkara paling mudah untuk dilakukan. Pasalnya Anda tinggal membuka halaman pembuatan Google Account lalu tinggal mengikuti langkah-langkahnya saja.

Namun terkadang nama akun yang diinginkan ternyata sudah dipakai orang lain. Sehingga Anda tidak bisa mendapatkan alamat Gmail jika nama pengguna yang dipilih sudah:

  1. Sudah ada yang menggunakannya
  2. Nama akun sangat mirip dengan nama penggunan akun Google lain yang sudah ada. Misalnya saja jika [email protected] udah digunakan orang lain, maka Anda tidak bisa menggunakan [email protected].
  3. Nama pengguna yang sebelumnya sudah pernah dipakai seseorang yang kemudian sudah dihapus.
  4. Nama tidak disediakan oleh Google guna mencegah penyalahgunaan atau spam.

Lalu bagaimana jika tiba-tiba ada seseorang yang membuat Google Account dengan meniru identitas Anda. Jika Anda mengalami kejadian seperti itu, beberapa langkah yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Hubungi saja Kantor Lembaga Perlindungan Konsumen yang ada di negara Anda, atau
  2. Mengajukan laporan ke Pusat Pengaduan Kejahatan Internet atau Interner Crime Complaint Center.

Namun yang harus Anda pahami adalah Gmail tidak bisa berpartisipasi dalam mediasi yang melibatkan pihak ketiga berkaitan dengan peniruan identitas seperti ini. Untuk masalah-masalah seperti ini Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut di Persyaratan Penggunaan Gmail.

Layanan Berbayar Google

pexels.com

Bukannya dengan satu Google Account bisa menikmati seluruh layanan yang ada di Google? Lalu kenapa juga Google memiliki layanan berbayar? Ternyata layanan berbayar ini erat kaitannya dengan pendapatan dari Google itu sendiri.

Pernahkah Anda berpikir dari mana pendapatan Google selama ini? Padahal selama ini Google dikenal selalu memberikan pelayanan secara Cuma-cuma kepada para penggunanya yang jumlahnya miliaran di seluruh penjuru dunia.

Ternyata layanan berbayar inilah yang selama ini menjadi sumber pendapatan dari Google. Artinya tanpa adanya layanan berbayar ini, Anda tidak akan mendapatkan layanan gratis dari Google.

Dengan demikian, meskipun Anda memiliki Google Account sekalipun, tetap diharuskan untuk membayar dalam jumlah tertentu jika ingin menggunakan layanan tersebut. Lalu apa saja contoh layanan berbayar dari Google ini?

Beberapa contoh layanan berbayar dari Google misalnya saja seperti layanan Google Cloud, layanan penyimpanan, dan penjualan aplikasi di Play Store Google. Selain itu, sumber penghasilan Google juga berasal dari iklan. Bahkan layanan pasang iklan di Google ini termasuk sumber pendapatan paling besar bagi Google.

Itulas ulasan singkat terkait dengan Google Account. Kesimpulannya, tanpa memiliki Google Account sebenarnya Anda masih bisa menggunakan layanan Google meskipun terbatas. Namun jika memiliki akun Google, Anda dibebaskan untuk menikmati semua layanan dari Google.

Apa Saja Yang Bisa Dan Tidak Bisa Dilakukan Dengan Satu Akun Google?

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *