Mata uang tunggal yang digunakan untuk beberapa negara di Eropa yang terletak pada geografis yang berdekatan biasanya anda kenal dengan euro. Mata uang euro telah berdiri sejak tahun 1999 sebagai mata uang tunggal untuk negara-negara di Eropa. Namun, untuk bisa menggunakannya, sebuah negaa haruslah memenuhi beberapa kriteria keuangan. Selain itu, dengan adanya mata uang tunggal ini tentunya juga akan menguntungkan. Berikut ulasan lengkapnya.

Apa Sih Keuntungan Menggunakan Mata Uang Tunggal Euro ?

  1. Memudahkan Perdagangan Antar Negara

Biasanya ketika dua negara melakukan transaksi perdagangan, maka transaksi tersebut akan dilakukan menggunakan mata uang dollar Amerika. Sehingga, tentu saja hal ini akan membutuhkan kerja dua kali lipat, karena anda nantinya juga harus menukarkan kembali dollar Amerika ini ke mata uang lokal. Tentu saja hal ini nantinya juga akan menimbulkan efek kerugian akibat nilai tukar uang yang berubah-ubah.

Untuk itu, jika menggunakan mata uang unggal maka tentu saja transaksi yang dilakukan akan lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan anda tidak perlu menukarkan mata uang asing lagi. Dan juga, bank pun juga akan menganggap transaksi ini sebagai transaksi domestik sehingga bank nantinya juga akan menerapkan biaya-biaya yang lebih rendah.

  1. Memiliki Suku Bunga yang Stabil

Tentunya dengan menggunakan mata uang euro, negara yang sebelumnya memiliki nilai mata uang yang lemah akan menikmati penurunan suku bunga mereka. Dengan adanya mata uang tunggal ini, tentu saja akan menurunkan suku bunga pinjaman sehingga perusahaan, bank atau pemerintah dapat meminjam dana dengan cara yang lebih mudah daripada sebelumnya.

  1. Paritas Harga

Selain itu, keuntungan yang bisa didapat dengan adanya mata uang tunggal ini adalah adanya keseimbangan atau kemiripan harga-harga, baik barang atau jasa pada negara yang menggunakan uang tersebut. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri karena anda dapat membeli barang dari luar negeri dengan harga yang serupa.

Dengan adanya mata uang tunggal ini, tentu saja anda akan menikmati berbagai kemudahan bertransaksi antar negara yang dirasakan oleh negara yang menggunakan euro di negara Eropa. Hal ini dikarenakan anda tidak perlu repot lagi untuk bolak –balik menukarkan uang ketika ingin berbelanja di luar negeri.

3 Keuntungan Mata Uang Euro Sebagai Alat Transaksi

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *