Perdagangan antar negara adalah sebuah kegiatan jual beli yang melibatkan dua atau lebih negara. Kegiatan ini terjadi setelah adanya kesepakatan antara negara-negara yang terlibat dan memang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan negara. Setidaknya ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini, tetapi inilah tiga faktor pemicu yang paling besar!

 

  • Perbedaan Sumber Daya Alam (SDA)

Perbedaan kondisi geografis setiap negara membuat hasil bumi masing-masing negara tak sama. Perbedaan inilah yang akhirnya menjadi faktor munculnya perdagangan antar negara. Sumber daya alam ini pada umumnya dikuasai oleh negara, namun pihak swasta dapat menguasai sumber daya alam dengan ijin dari pemerintahan suatu negara. Ya, negara merupakan aktor paling penting dari perdagangan sumber daya manusia. Beberapa jenis sumber daya alam yang sering diperdagangkan antar negara yaitu minyak, batu bara, gas alam, fospor, besi, dan kayu.

 

  • Penguasaan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan

Negara dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat akan mampu memproduksi barang atau jasa dalam jumlah banyak, serta berkualitas. Hal inilah yang membuat mereka mampu melakukan spesialisasi produksi dan akhirnya menarik minat negara-negara lain. Ya betul sekali, sebagai contoh yaitu negara Tiongkok yang menjadikan sektor teknologi dan ilmu pengetahuan sebagai sumber profit utama negara. Itulah mengapa hari ini Tiongkok menjadi salah satu negara super power di dunia.

 

  • Mencari Untung

Beberapa negara memang sengaja memproduksi barang dalam jumlah banyak dengan tujuan cari untung. Supaya barang produksi itu laku, mereka akan menawarkan kepada negara lain. Ya betul sekali, setiap negara mencoba meningkatkan nilai kapitalisasi di pasar bebas. Jika negara sudah memiliki nilai kapitalisasi yang tinggi, maka negara tersebut dapat dengan mudah menguasai perdagangan antar negara.

 

Seperti layaknya perdagangan, proses jual beli antar negara juga menimbulkan untung rugi. Setiap negara berlomba-lomba memproduksi barang dan jasa agar bisa meraup profit dari hasil pedagangan antar negara. Namun dengan adanya pasar bebas, tentu tak semua negara bisa meraup untung.

 

 

3 Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Antar Negara

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *